Breaking News

150 Hektar Tanah di Woha akan Ditanami Bawang Merah

Ilustrasi Bawang Merah. Ist


Bima, Betita11.com—UPT Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kecamatan Woha Kabupaten Bima memproyeksikan sebanyak 150 hektar tanah pertanian di wilayah setempat akan ditanami bawang merah. Luas lahan tersebut untuk realisasi program musim kemarau (MK) 1 dan 2 tahun 2016. 

“Rencana kita kemarin, sesuai dengan jatah bibit yang tersedia. Pada saat rapat interen kita bulan lalu. Dari 150 hektar target, kita bagi dua. Untuk MK1 dan MK2,” kata Kepala UPT Dispertapa Woha, Ridwan kepada Berita11.com di UPT setempat, kemarin. 

Ridwan merinci, lahan seluas 61 hektar untuk program MK1, sedangkan MK2 89 hektar. Ia memastikan pelaksanaan program akan berjalan sekaligus dengan mengevaluasi peluang tanam dan kesiapan lahan kelompok tani serta memperhatikan asas pemerataan yang adil. 

“Ini langsung satu kali berjalan. Per hektarnya nanti kita lihat peluang tanam dan kesiapan lahan. Kita bersikap bijak, jumlahnya bervariasi untuk kebutuhan tiap kelompok. Kalau petani tidak siap kita alihkan pada petani lain,” isyaratnya. 

Dikatakannya, pelaksanaan program MK1 sebenarnya telah melewati jadwal yang ditetapkan. Namun ia bersyukur karena jika program dilaksanakan sesuai jadwal dipastikan gagal panen akibat kondisi cuaca. 

“Jadwal kita untuk pelaksanaan MK1 sudah mau lewat. Tapi ada satu patut disyukuri karena kemarin cuaca tidak mendukung kita terhindar. Karena kalau ditanam pasti semua tanaman jadi busuk dan program dinyatakan gagal,” ujarnya. 

Sementara untuk realisasi program, UPT setempat tengah menunggu penyaluran bibit tanaman oleh pihak penangkar. UPT juga belum mengetahui penangkar mana yang ditunjuk pemenang tender untuk pengadaan bibit di Woha. 

“Kita masih menunggu bibitnya. Karena program dipihakketigakan, Kita tunggu penangkarnya dari sana. Kita juga tidak bisa pastikan bibit lengkap dengan saprodi. Ini program stimulan, untuk merangsang petani. Jadi ada bibit saja petani untung,” katanya. (ID)


No comments