Breaking News

ADD di Kananga Digenjot Dua Bulan

Ilustrasi Dana Desa


Bima, Berita11.com— Pengerjaan pembangunan fisik di sejumlah desa yang didanai dari Alokasi Dana Desa (ADD) digonjot dua bulan. Itu dilakukan karena anggaran tersebut baru dicairkan pemerintah. Hal tersebut dilakukan di Desa Kananga Kecamatan Bolo Kabupaten Bima.

Kepala Desa Kananga M Noer SH, mengatakan, pemerintah desa setempat baru menerima pencairan ADD sebesar 60 persen untuk termin pertama. Untuk mempercepat proses pekerjaan, pemerintah desa sudah membentuk tim. Anggaran sebesar Rp1,18 miliar digunakan untuk penyelenggaraan pemerintah, pembangunan pemberdayaan masyarakat, pembangunan fisik. “Saya sudah terbitkan SK kepada masing-masing kepala bidang sehingga mereka bisa langsung bekerja,” katanya kepada Berita11.com di Bolo, kemarin.

Diakuinya, pelaksanaan program pemberdayaan dan pembangunan fisik di Desa Kananga terpaksa digenjot selama dua bulan karena telatnya pencairan ADD. Sebelumnya, memang  kendala dalam sistem pelaporan keuangan desa tahun 2015. Untuk mengantisipasi keterlambatan pencairan dana, sebelumnya awal Agustus pemerintah desa sudah memulai mengerjakan beberapa pembangunan fisik seperti saluran air  di sejumlah desa.
“Beberapaa lokasi lebih dahulu kami kerjakan walaupun anggarannya belakangan,” katanya.

Dikatakannya, pencairan tahap kedua anggaran desa akan dilakukan bulan September mendatang sehingga praktis termin kedua pelaksanaan pembangunan fisik dan program pemberdayaan akan teruskan pada bulan itu. (SK)

No comments