Breaking News

Bappeda Optimis Kota Bima Kembali Raih Predikat WTP

Kepala Bappeda Kota Bima, Zainuddin. Foto Hamid Berita11.com

Kota Bima, Berita11.com— Setelah dua tahun beruntun menyandang predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Pemerintah Kota Bima optimis kembali mengulang keberhasilan tersebut pada tahun 2016 ini. 

WTP merupakan predikat bagi pemerintah daerah yang dinilai optimal dalam hal tata kelola anggaran dari Badan Periksa Keuangan (BPK). “2016 ini sedang dalam perjalanan, dalam proses dan dalam pelaksanaan. Kami yakin bahwa predikat itu tetap akan diraih oleh Pemerintah Kota Bima,” kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bima, Zainuddin H. Yunus kepada Berita11.com di Bappeda Kota Bima, Senin (1/8/2016).

Dikatakannya, status WTP merupakan komitmen bersama antara pimpinan daerah dan perangkat kerja di dalamnya. Menurutnya, bukan suatu hal yang tidak mungkin jika predikat WTP dapat dipertahankan melalui optimalisasi penerapan sistem tata pengelolaan keuangan yang sehat.  Tentunya, membenahi beberapa kekurangan tahun lalu.

“Indikatornya kan pengelolaan anggaran oleh BPK. Meski tidak 100 persen, tapi telah memenuhi 90 persen dari kriteria yang ditetapkan. Jadi kekurangan tahun lalu kita pelajari dan menjadi referensi kita kedepan,” ujarnya.

Dia mengatakan saat ini Pemkot Bima terus berupaya membenahi kekurangan-kekurangan yang ada. Hingga mencapai persentase maksimal.  Sejak menyandang Wajar Dengan Pengecualian (WDP) selama periode 2011 hingga 2013, baru pada tahun 2014 menerima predikat WTP. “Insya Allah kalau bisa sampai double zero. Artinya 100 persen untuk tahun ini,” ujarnya. (AH)

No comments