Breaking News

BLH Tegaskan Masalah Kebakaran Hutan Tanggungjawab Dishut

Kebakaran Hutan. Ilustrasi/ Foto Cikalnews


Kota Bima, Berita11.com— Siapa saja yang bertanggungjawab terhadap pengawasn aktivitas perusakan lingkungan di kawasan hutan? Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Bima menegaskan bahwa domain pengawasan itu menjadi tanggungjawab Dinas Kehutanan.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bima, H. Moh Mawardi mengatakan kecenderungan pembukaan lahan oleh petani di kawasan hutan dengan cara dibakar bukan menjadi tanggungjawab BLH. Namun menjadi tugas Dinas Kehutanan. 

“Lihat dikawasan mana pembukaan lahannya. Kalau yang terbakar kawasan hutan ya kehutanan. Ada pengendalian kebakaran hutan. Mereka punya aggarannya,” katanya. 

Dikatakannya kewenangan BLH hanya menjalin kordinasi dengan dinas terkait untuk mengumpulkan data kerusakan kawasan. Ia menganggap masyarakat telah keliru terhadap tupoksi BLH. “Ya kalau kita butuh data ya kita ambil. Bukan semua ditangani BLH. Masyarakat itu keliru,” ujarnya di BLH, kemarin. 

Menurut dia BLH tidak memiliki pengaman khusus seperti di Dinas Kehutanan. Selain itu, ia menuturkan masalah penyediaan sampah bukan merupakan wewenang pihaknya. Menurutnya Dinas Pekerjaan Umum yang berkewajiban mengurus hal tersebut. “Bak sampah juga urusan PU bukan kita,” imbuhnya. 

BLH hanya melaksanakan kegiatan pembinaan dan edukasi dibidang pemeliharaan dan pelestarian lingkungan. “Kalau edukasi kita ada. Kita ada berikan pelatihan Bank sampah di beberapa kecamatan tahun ini,” katanya. (ID) 

No comments