Breaking News

BPR Cabang Bolo Alirkan Dana Kredit Rp18 Miliar

Ilustrasi Kredit Rakyat. Ist

Bima, Berita11.com— PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Cabang Bolo Kabupaten Bima tahun ini telah menyalurkan dana kredit sebesesar Rp18 miliar untuk mendukung perekonomian masyarakat pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada wilayah kerja BPR setempat. Itu tercatat sejak Januari hingga Agustus 2016.

“Hingga saat ini yang terealisasi untuk kredit sekitar Rp18 miliar. Terutama untuk pengusaha kecil. Seperti, kios-kios dan bakulan termasuk kredit konsumsi pegawai,” kata Kepala BPR Cabang Bolo, Ihwan SE Kepada Berita11.com di BPR setempat, Senin (1/8/2016).

Dikatakannya ada dua jenis pelayanan pinjaman yakni kredit modal kerja dan konsumsi. Dari sisi pengembalian pinjaman diakuinya, pinjaman oleh aparatur sipil Negara (ASN) memang dalam bentuk konsumsi. Namun berdasarkan evaluasi banyak ditemukan diperuntukan untuk modal usaha.

“Kadang kita lihat dari sisi pengembalian angsuarannya konsumtif. Tapi kita evaluasi dimanfaatkan untuk modal kerja dan konsumsi. Misalnya, beli sapi dan untuk beli sawah,” jelasnya.

Dijelaskannya, 60 persen dari total uang tersebut dialirkan pada sektor kredit modal kerja. Sisa untuk keperluan pinjaman konsumsi dengan bunga kredit yang relatif lebih ringan dibanding kredit modal kerja.

Selain itu, ke depan kata dia, dalam upaya peningkatan debitur di wilayah kerjanya. BPR berencana mengakomodir modal usaha  bagi petani jagung melalui pinjaman musiman.
Menurut Ihwan, prospek tanaman jagung menjadi salahsatu potensi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. “Itu yang akan kita gerakan dalam waktu dekat. Sedang saya komunikasikan dengan bapak direktur,” ujarnya.

BPR Cabang Bolo melayani lima kecamatan di Kabupaten Bima. Yakni, Kecamatan Bolo, Soromandi, Donggo, Sanggar dan Tambora. Sementara kantor kas yang membantu pelayanan berada di Desa Bajo Kecamatan Soromandi. (ID)

No comments