Breaking News

Desa Darussalam Bangun Infrastrutur Strategis dengan DDA

Bendahara Desa Darussalam Kecamatan Bolo, Imran. Foto Hamid Berita11.com

Bima, Berita11.com— Pemerintah Desa Darussalam Kecamatan Bolo Kabupaten Bima tengah merealisasikan sejumlah program kerja dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) tahun 2016. Sesuai hasil musyawarah, Pemdes setempat memrioritaskan pembangunan infrastruktur dari pencairan Dana Dari APBN (DDA) 2016 tahap pertama .

Bendahara Desa Darussalam Imran menjelaskan terkait pelaksanaan pembangunan infrastruktur desa telah diawali dengan pemimbunan tanah makam di desa setempat yang telah rampung dikerjakan.

“Dari termin pertama kita awali dengan penimbunan kuburan dengan anggaran Rp37 juta. 100 persen sudah rampung hari ini,” katanya kepada Berita11.com di Bolo usai dikunjungi inspektorat Kabupaten Bima, Selasa (2/7/2016).

Untuk program lain, kata dia ada beberapa program bidang pembangunan dan kemasyarakatan yang sedang dalam proses pengerjaan. Di antaranya, pembuatan talud air pasang, sarana sanitasi warga sebanyak dua unit, rabatnisasi gang, gorong-gorong dan rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH).

“Semuanya mulai besok pengadaan bahan dan materialnya serentak. RTLH kita kerjakan tujuh dari 15 unit yang direncanakan,” jelasnya.

Total Anggaran pencairan DDA tahap pertama yang digunakan untuk membiayai pembangunan infrastruktur senilai Rp 201 juta. Sementara sisanya diperuntukan bagi program pemberdayaan masyarakat seperti pengadaan pertamini dan alat timbang digital bagi Posyandu, termasuk juga penguatan kapasitas masyarakat desa.

“Total DDA Rp284 juta. Untuk fisik dan pemberdayaan. Kemarin kita juga laksanakan kegiatan pelatihan bagi warga. ADD sudah juga sudah kita realisasikan untuk insentif aparatur desa dan jajaran” katanya. (AH) 

No comments