Breaking News

Desa Lewintana Laksanakan Proyek Saluran Drainase

Kepala Desa Lewintana, Ibrahim Mengecek Proyek Drainase. Foto Hamid Berita11.com

Bima, Berita11.com— Pemerintah Desa Lewintana Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima melaksanakan pembangunan saluran drainase yang dibiayai Dana Dari APBN (DDA). Proyek tersebut merupakan salah satu bentuk realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) setempat tahun 2016. 

“Kita sedang selesaikan saluran drainase untuk kampung. Pembuatan dimulai pekan lalu,” kata Kepala Desa Lewintana, Ibrahim saat berada di lokasi proyek di Dusun Bada, Kamis (04/8/2016). 

Dikatakannya pembangunan saluran drainase berada didua titik. Yaitu di Dusun Bada dan Dusun Pasir Putih dengan volume 100 meter tiap dusun. Pembangunan dimulai di Dusun Bada yang dimungkinkan akan ditambah sesuai usulan masyarakat. 

Menurutnya, infrastruktur tersebut dapat mengurangi becek dan genangan air di dusun setempat saat musim hujan.  “Kalau hujan jalan ini sering becek dan ada kubangan. Nanti airnya mengalir di saluran itu. Setelah selesai disini kita langsung kerjakan di Dusun Pasir Putih. Nanti bila warga lain belum diberdayakan kita akan tambah 10 meter,” ujarnya. 


Untuk pekerja, Pemdes setempat memberdayakan warga disekitar lokasi secara bergilir. Secara teknis untuk proyek tersebut tidak ada kendala dalam proses pengerjaannya. Karena material dan bahan sudah tersedia. “Alhamdulillah tidak ada hambatan. Materialnya sudah lengkap semua,” imbuhnya. 

Selain itu, Pemdes Lewintana juga telah membangun pagar kantor desa yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD). Untuk tahap awal pemagaran hanya pada bagian depan. 

Ptogram fisik lain seperti, rabatnisasi dan tanggul juga akan segera digulirkan. Sementara itu, untuk pembangunan Polindes dan deker, saat ini Pemdes masih menunggu RAB dari Dinas Pekerjaan Umum. 

“Sebelumnya pagar kantor sudah. Semua tinggal action. Jadi untuk Polindes dan dekernya kami tunggu gambar dari tenaga teknis Dinas PU. Program pembinaan yang baru berjalan kegiatan penganjian yang dilaksanakan Kaur Kesra” jelasnya. (ID) 

No comments