Breaking News

Dinas Dikpora Sikapi Keluhan Guru Bahasa Inggris Disuruh Ngajar Kesenian

Kepala Dinas Dikpora Kota Bima, Drs H Alwi Yasin, M.A.P. Foto Sukri


Kota Bima, Berita11.com— Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima menyikapi keluhan guru Bahasa Inggris yang diberikan tugas mengajar kesenian di SMPN 6 Kota Bima.

“Penyebabnya apa guru diberikann job yang berbeda akan kita telusuri dulu,” ujar Kepala Dinas Dikpora Kota Bima, Drs H Alwi Yasin, M.Ap kepada Berita11.com, Senin (29/8/2016).
Menurutnya, jikapun alasan pihak sekolah menugaskan guru Bahasa Inggris mengajar kesenian karena banyaknya tenaga guru pada mata pelajaran tersebut, seharusnya pembagian tugas tidak hanya dibebankan kepada guru yang bersertifikasi.


Baca Juga:


“Siapa tau yang tidak diberikan tugas itu bagus. Sertifikasi itu adalah pilihan kedua, yang utama itu kompetensi gurunya,” katanya.

Diisyaratkannya, akhir tahun 2016 ini Dinas Dikpora akan melaksanakan pemetaan guru. Guru yang memiliki kompetensi lebih baik akan ditugaskan di sekolah daerah pinggir untuk mendongkrak kualitas atau mutu pendidikan.

“Hal yang jelas di Kota Bima ini adalah kelebihan guru. Akan kita letakkan daerah-daerah pingggir untuk mengimbangi,” isyaratnya.

Pada bagian lain, Kepala BKD Kota Bima, H Supratman, M.Ap,  mengatakan, SKPD setempat tidak mencampuri perihal mutasi tenaga fungsional atau guru. Namun BKD hanya menindaklanjuti permintaan Dinas Dikpora.

Belum lama ini, BKD merespon surat Dinas Dikpora dan membahasnya bersama Baperjakat kemudian melaksanakan mutasi 32 guru. “Kita tindaklanjuti suratnya.  Kita sudah ingatkan, jangan sampai ini bermasalah dikemudian hari karena merugikan guru atau merugikan murid. Ada 32 guru yang diproses,” katanya. (US/SK)

No comments