Breaking News

DKP Kembangkan Potensi Budidaya Rumput Laut

Aktivitas Petani Rumput Laut Saat Memanen Hasil. Ist


Kota Bima, Berita11.com— Salah satu fokus Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bima melalui dana Tugas Pembantuan (TP) tahun 2016 yakni mengembangkan sektor budidaya rumput laut. 

“Dana TP kita kembangkan budidaya rumput laut di pesisir kelurahan kolo. Karena disana punya prospek bagus,” kata Kepala DKP Kota Bima Hj. Siti Zainab kepada Berita11.com di dinas setempat, Kamis (04/8/2016). 

Dikatakannya dana TP yang diperoleh DKP Kota Bima tahun ini sebesar Rp4 miliar bersumber dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang alirkan DKP Provinsi NTB. Menurut dia, pada prinsipnya dana TP diperuntukan membantu tugas Kementerian KP. “Jadi itu untuk membantu tugas kementerian,” ujarnya. 

Nantinya, kata dia hasil budidaya rumput laut dapat memiliki nilai ekonomi tinggi. Sebab kebutuhan rumput laut diprediksi meningkat. Selain itu, pihaknya juga akan membantu nelayan dalam melaksanakan pemasaran. “Insya Allah akan kami bantu juga untuk itu,” katanya. 

Selain itu, Dana TP juga dipakai untuk pengadaan ruang pendingin  (cold storage). Ruang pendingin berguna untuk menyimpan semua jenis hasil tangkapan nelayan dalam suhu rendah. Proses pembekuan dipercaya dapat menjaga kesegaran ikan dalam waktu lama. 

“Selain itu ada cold storage untuk penyimpanan ikan. Kalau ikannya banyak bisa disimpan disana. Jadi nggak gampang busuk,” jelasnya. 

Jaenab menambahkan, DKP juga melaksanakan sejumlah program yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Seperti  upaya meningkatkan hasil produksi perikanan, bantuan kapal penangkap ikan, mesin diesel dan alat tangkap. “Program lain dari DAK tahun ini ada kapal tangkap ukuran dibawah 10 GT, 10 mesin Diesel dan alat tangkap berupa jaring,” tambahnya. (ID)

No comments