Breaking News

DKP Tegaskan Pulau Kambing bukan Milik Kota Bima

Pemandangan Pulau Kambing dari Wilayah Kabupaten Bima. Foto Berita11.com


Bima, Berita11.com— Lokasi Pulau Kambing yang terletak di tengah teluk Bima menjadi perdebatan beberapa pihak. Gili mungi tersebut masuk di daerah mana apakah Kota Bima atau Kabupaten Bima? Namun pihak Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bima menegaskan pulau itu masuk di wilayah Kabupaten Bima tepatnya Desa Bajo Kecamatan Soromandi.

Kepala Bidang (Kabid) Konservasi dan Bina Lingkungan DKP Kabupaten Bima, Ir Ali Mahdi, menegaskan, merujuk Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2007 junto Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014, maka wilayah Pulau Kambing bisa dipastikan merupakan milik Kabupaten Bima.

“Masuk wilayah Kabupaten Bima. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 27 dan turunannya ke bawah. Dengan cara batas dibagi dua diambil tengahnya. Itu sudah dilakukan dan batas itu sebelah timur Pulau Kambing. Kalau Pulau Kambing tidak masuk, buka separuh tapi tidak masuk sama sekali,” katanya saat Focus Group Discussions Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) di hotel Lila Graha, Kamis (4/8/2016).

Dikatakan Ali, sesuai Undang-Undang Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, maka wilayah kota tidak memiliki pulau. Untuk itu dia meminta tim penyusun RZWP3K Provinsi NTB memasukan wilayah Pulau Kambing sebagai milik Kabupaten Bima dalam dokumen rencana zonasi dan pulau kecil tersebut.

 Hal yang sama juga diminta oleh Kepala DKP Kabupmaten Bima, Ir Hj Nurmah. Mempertimbangkan sejumlah Undang-Undang, maka Pulau Kambing merupakan milik Kabupaten Bima.

Menurutnya hal tersebut penting dibahas agar tidak muncul masalah pada saat mendatang. Jangan sampai persoalan pulau kecil di tengah teluk Bima tersebut menjadi persoalan panjang seperti Pulau Satonda. (US)

No comments