Breaking News

DKP Ukur Kepuasan Publik Melalui Kotak Penilaian

Kota Penilaian Pelayanan yang Disiapkan DKP Kota Bima. Foto Hamid Berita11.com



Kota Bima, Berita11.com— Dinas Kelutan dan Perikanan (DKP) Kota Bima menyediakan kotak penilaian untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan. Kebijakan tersebut baru diterapkan pada tahun 2016 ini. 

Sekretaris DKP Kota Bima, Ir. Juwaid H. Mahmud MAP mengatakan penyediaan kotak layanan sesuai dengan arahan Ombusmen NTB. Kotak terdiri dari tiga bagian yang memiliki kategori berbeda  yakni, sangat puas, puas dan tidak puas. 

“Itu sesuai instruksi Ombudsman saat berkunjung kemarin. Masyarakat dapat memasukan koin pada kotak-kotak yang tersedia,” katanya kepada Berita11.com di dinas setempat, kemarin. 

Dia menuturkan DKP berupaya menerapkan standar operasional prosedur (SOP) pelayanan sektor kelautan dan perikanan. Kotak penilaian merupakan integrasi dari semua pelayanan yang ada. Kendati demikian, tidak ada paksaan bagi masyarakat untuk memakai kotak tersebut. 

Menurut Juwaid hal ini adalah wujud revolusi mental dan integritas ASN yang selaras dengan nawacita pemerintah.“Sesuai dengan nawacita bapak presiden. Revolusi mental untuk kerja dan kerja,” katanya. 

Selain itu, dinas setempat juga menyediakan ruangan khusus bagi ibu menyusui. Untuk akses informasi dan prosedur pelayanan juga ditempel sehingga dapat dilihat langsung masyarakat diruang tunggu. “Ini semua untuk mewujudkan pelayanan optimal dibidang kami,” katanya. (ID) 

No comments