Breaking News

Ini Tekad Pemdes Lewintana Mewujudkan Destinasi Wisata

Kegiatan Pemdes Lewintana Saat Menyambut Reses DPRD Kabupaten Bima



Bima, Berita11.com—  Salah satu nilai jual lingkungan perdesaan adalah dapat menjadi sebuah tempat tujuan wisata. Daya tarik pesona keindahan alam serta kearifan lokal yang kental dan masih lestari merupakan modal penting untuk mewujudkannya. 

Hal inilah yang menjadi tekad Pemerintah Desa Lewintana Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima. 

Sektetaris Desa Lewintana, Ardiansyah S.Pd mengatakan Pemdes berencana menata dan mengembangkan potensi lingkungan desa yang ada sebagai destinasi wisata. Konsep ini akan direalisasikan dengan adanya dukungan dana desa. 

“Kami ingin menjadikan desa sebagai tempat pariwisata. Seperti, pembangunan dermaga, penyediaan sarana transportasi untuk pengunjung dan upaya pelestarian mangrove agar lebih menarik. Itu yang dilaksanakan melalui APBDes dan juga sarana penunjang lain,” katanya kepada Berita11.com di kantor desa setempat, kemarin. 

Dijelaskannya arah kebijakan pembangunan tersebut juga didukung kearifan lokal masyarakat. Seperti kegiatan lomba perahu layar miniatur yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Potensi lain yang dilihat adalah meningkatnya kunjungan masyarakat dari luar desa untuk menghabiskan waktu menikmati panorama pantai desa setempat. 

“Kami melihat, hampir setiap hari ada yang datang ke pantai. Kemudian, lomba perahu kecil yang sedang berlangsung sekarang, menjadi perhatian orang mampir di desa. Potensi inilah yang kami ingin maksimalkan,” jelasnya. 

Kunjungan ke desa bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak perekonomian masyarakat. “Dengan begitu, akan muncul peluang usaha bagi masyarakat desa. Masyarakat dapat menjual barang dan jasa pada pengunjung. Tentunya, kami juga fasilitasi dengan menyediakan sarana dan prasarana yang mereka butuhkan,” imbuhnya. 

Disamping itu, kata dia, hal lain yang akan dilakukan desa adalah menyiapkan sistem informasi desa secara daring (dalam jaringan). Ia berharap penyebarluasan informasi dan potensi desa melalui website mampu mempopulerkan desa sehingga dikenal secara luas. 

“Website desa tengah kami usahakan. Nanti kita kampanyekan potensi desa lewat itu,” tandasnya (ID) 

No comments