Breaking News

Kacang Tanah dan Bawang Merah Primadona saat MK 2

Lahan Pertanian Tegalan di Soromandi Kabupaten Bima. Foto Berita11.com

Bima, Berita11.com— Meskipun saat ini hampir seluruh daerah di Indonesia termasuk Bima memasuki musim kemarau. Namun beberapa petani tetap melaksanakan aktivitas menanam. Khusus di Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima konsentrasi petani saat musim tanam kemarau (MK) dua adalah menanam kacang tanah dan bawang merah.

Kepala  Unit Pelaksana Tehnis Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kecamatan Soromandi, Muhtar SP mengatakan, mayoritas petani yang menanam kacang tanah dan bawang merah mulai dari Desa Lewintana hingga Sampungu. Dua komoditi tersebut dipilih petani karena mudah dirawat saat kemarau dan nilai jual yang menjanjikan.

“Bawang merah dan kacang tanah merupakan komditi unggulan di wilayah ini,” katanya kepada Berita11.com di UPTD setempat, Rabu (10/8/2016).

Menurutnya, unit setempat berencana mengajukan bantuan bibit kedelai untuk areal tanam tegalan seluas 82,89 hektar. Namun karena hampir seluruh petani sudah mengawali musim tanam II dengan memilih komoditi bawang merah dan kacang tanah, maka rencana itu dibatalkan.

“Bisa saya pastikan tak ada petani yang menanam kacang kedelai, karena rata-rata sudah menanam kacang tanah dan bawang merah,” ujarnya.

Ia mengisyaratkan, pada musim hujan mendatang, UPT Dispertapa akan mengajukan benih  berbagai komoditi seperti jagung, kedelai dan kacang tanah. (SK)


No comments