Breaking News

Lima Titik Wifi kini Tersedia di Kecamatan Sanggar

Penguat Sinyal Modem Digunakan di Desa Terpencil. Ilustrasi

Bima, Berita11.com— Masyarakat di lima desa di Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima sekarang bisa dibilang tidak terisolir dari teknologi informasi. Saat ini, lima titik di wilayah tersebut sudah terpasang jaringan wifi. Meskipun bukan siapkan oleh pemerintah secara gratis, namun pemanfaatannya diarahkan untuk kebutuhan publik.

Kepala Bidang Kominfo Dishubkominfo Kabupaten Bima, Muhammad Irfan, ST.,M.Eng, mengatakan, dinas setempat berupaya menfasilitasi pemasangan lima titik wifi di Kecamatan Sanggar. Meskipun kehadiran fasilitas wifi tersebut karena orientasi bisnis warga di Sanggar, namun Dishubkominfo melihat tujuan dari pemanfaatannya.

“Kami membina masyarakat untuk swadaya. Saat ini instalasi sudah selesai. Kita fasilitasi, fungsi kita memberikan solusi untuk masyarakat,” katanya.

Irfan mengisyaratkan, Bidang Kominfo siap menfasilitasi jika ada kelompok masyarakat atau individu masyarakat yang selama ini terisolir dari jaringan internet hendak menghadirkan fasilitas wifi secara mandiri. Upaya Dishubkominfo menfasilitasi hal tersebut dalam rangka mewujudkan visi masyarakat informasi pada tahun 2020.

Selain menghadirkan wifi, upaya lain yang dilakukan Dishubkominfo mendorong penyiapan 48 internet bagi sekolah di desa. “Kita hanya mengusulkan kepada kementeriann, nanti mereka yang menentukan sekolah mana. Nanti fasilitas itu merata di beberapa kecamatan dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” katanya. (US)

No comments