Breaking News

Pembangunan Jembatan Lewamori akan Dimulai Tahun 2017

Ilustrasi Jembatan di Atas Laut. Ist

Bima, Berita11.com— Pemerintah akan memulai pembangunan jembatan Lewamori Kabupaten Bima tahun 2017 mendatang. Saat ini, kajian untuk pembangunan fasilitas jalur baru dari Kalaki tembus wilayah Kecamatan Bolo Kabupaten Bima tersebut sudah selesai.

Kepala Bidang Fisik dan Prasarana (Fisipra) Badan Perencana Pembangunan Daerah Kabupaten Bima, Zainal Abidin, ST., MT, mengatakan, sejumlah dokumen pendukung proyek jembatan tersebut sudah lengkap, mulai dari studi kelayakan (fisibility studi/FS), detail engineering design (DED) seperti gambar detail (gambar bestek), rencana anggaran biaya (engineers estimate), rencana kerja dan syarat-syarat (RKS) hingga dokumen lingkungan yakni Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Bahkan titik patok dan pembebasan lahan sudah dilakukan pemerintah.

“Tahun 2016 sudah mulai karena FS sudah punya. DED sudah punya, AMDAL sudah punya, lahan sudah dibeli. Patok sudah dipatok, tinggal action tahun 2017,” katanya di hotel Lila Graha, Kamis (4/8/2016).

Dikatakannya, tahun 2017 mendatang, dokumen pelaksanaan anggaran atau daftar isian penggunaan anggaran (DIPA) terkait jembatan Lewamori mulai diluncurkan oleh menteri. Jembatan Lewamori yang dibangun akan tembus sekitar kampus vokasi UNRAM di Desa Sondosia, bukan di Desa Darusalam Kecamatan Bolo.

Diungkapkan Zainal, sebelum proses pembangunan jembatan di atas laut itu, saat ini pemerintah sedang menyelesaikan pembangunan jalan dua arah dari Oi Niu hingga persimpangan Talabiu. Hanya saja yang menjadi persoalan di sekitar kawasan pantai Kalaki.

“Hal yang menjadi persoalan adalah di pantai Kalaki. Opsinya dua menabrak di belakang gunung di sana atau kalaupun terpaksa di pinggir pantai tentu saja akan mengubah pariwisata di sana. Opsinya juga bisa reklamasi,” ujarnya. (US)

No comments