Breaking News

Pemdes Tambe Gulirkan Dua Proker DDA

Sekretaris Desa Tambe, Haerul Fitriadin. Foto Hamid

Bima, Berita11.com— Pemerintah Desa (Pemdes) Tambe Kecamatan Bolo Kabupaten Bima telah melaksanakan dua program kerja (Proker) dalam APBDes tahun 2016. Program itu dibiayai dari pencairan awal Dana Dari APBN (DDA) desa setempat sebesar Rp300 juta. 

“Dari pencairan awal DDA baru dua bidang yang kita laksanakan. Bidang pembangunan desa dan bidang pemberdayaan masyarakat desa,” kata Sekretaris Desa Tambe, Haerul Fitriadin S.Pd kepada Berita11.com, di kantor desa setempat, Selasa (2/7/2016).

Dia menjelaskan, pada bidang pembangunan desa ada beberapa paket yang akan dikerjakan tahun ini. Prioritas awalnya yakni pembukaan jalan baru yang berlokasi di So Keke sepanjang 1,2 kilometer. Sementara untuk bidang pemberdayaan, pemberian bibit kambing bagi warga.

“Pembukaan jalan baru volumenya itu 1200 meter. Terus pemberdayaannya baru pembagian bibit kambing bagi warga,” jelasnya.

Ia mengatakan pembukaan jalan baru merupakan aspirasi sebagian besar masyarakat dalam Musrenbangdes. Menurutnya, dengan terbangunnya infrastruktur tersebut memudahkan akses dan mobilitas masyarakat petani bekerja.

“Karena memang akses jalan itu jauh sekali. Hasil dari musyawarah dusun ke musrenbangdes,” ujar alumnus Universitas Muhammadyah Mataram ini.

Untuk program bibit kambing, dijelaskannya merupakan program lanjutan. Tahun ini penerima manfaat berjumlah 100 orang yang dibagi delapan dusun. Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun lalu. Program ini juga direncanakan dimuat dalam APBDes tahun 2017.

“Tahun lalu kita anggarkan, tahun ini juga. Kalau yang kemarin 45 ekor, sekarang 100 ekor. Karena ini banyak yang belum dapat. Insya Allah tahun depan tetap kita anggarkan lagi,” katanya.

Selain itu program fisik lainnya yang akan segera dikerjakan seperti saluran pembuangan air limbah bagi enam dusun dan rehab gang desa. Pemdes setempat masih menunggu pecairan tahap selanjutnya untuk menuntaskan semua program kerja dalam RKPDesa. “Kita menunggu pencairan berikutnya. Informasinya bulan September depan,” pungkasnya. (AH)


No comments