Breaking News

Perekrutan Kasek Berdasarkan Kompetensi IT, Sekolah Didorong Menerapkan UNBK

Kepala Dinas Dikpora Kota Bim, Alwi Yasin. Foto Sukri Berita11.com


Kota Bima, Berita11.com— Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima akan mendorong penerapan Information Technology (IT/ Teknologi Informasi) di sejumlah sekolah Kota Bima. Salahsatu upaya mendorong itu dinas mendorong penyiapan fasilitas terkait. Perekrutan Kepala Sekolah juga akan dilakukan berdasarkan kompetensi IT.

Kepala Dinas Dikpora Kota Bima, Drs H. Alwi Yasin, M.Ap, mengatakan, langkah awal dinas setempat mewujudkan sekolah berbasis IT yakni menyiapkan perangkat pembelajaran di sejumlah sekolah. Pemerintah menyediakan anggaran Rp800 juta lebih.

“Sekarang ini kita sedang adakan lewat DAK perangkat media pembelajaran 800 juta. Sudah didistribusikan ke sekolah-sekolah. Nanti sekolah-sekolah yang kita berikan itu wajib hukumnya berbasis IT,” katanya di Dinas Dikpora, Senin (29/8/2016).

Dikatakannya, Dinas Dikpora juga sudah melatih sejumlah sekolah untuk menerapkan pendidikan berbasis internet seperti digital edmodo. Selain itu, mendorong SMA dan SMK melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mulai tahun 2017 mendatang.

“Walaupun bukan kewenangan kami, tahun depan itu tidak ada alasan SMA/SMK untuk tidak UNBK,” katanya.

Penerapan UNBK juga dilakukan untuk ujian hingga siswa Sekolah Dasar. Penerapan IT tidak hanya untuk sistem pembelajaran. Dinas Dikpora juga melaksanakan seleksi kepala sekolah berdasarkan kompetensi IT.

Untuk itu, ke depan guru dan kepala sekolah harus menguasai IT. “Anak SD sekarang sudah jago-jago. Apalagi mereka sudah menggunakan android. Nanti penempatan pejabat Kepala sekolah dan guru berbasis kompetensi IT,” katanya. (US)

No comments