Breaking News

Puluhan Penerima Raskin di Talabiu Merupakan Orang Kaya

Proses Distribusi Beras untuk Masyarakat Miskin di Desa Talabiu. US

Bima, Berita11.com— Puluhan warga Desa Talabiu Kecamatan Woha Kabupaten Bima yang menerima beras untuk masyarakat miskin (Raskin) diindentifikasi pemerintah desa dan BPD setempat sebagai warga kaya.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Talabiu, Supardin menyebutkan, misalnya di RT 9 Desa Talabiu, ada belasan warga kaya juga menerima Raskin meskipun sesuai ketentuan rumah tangga sasaran (RTS) Raskin adalah warga miskin. 

“Itu dibagi rata, termasuk banyak orang kaya juga dapat. Ada yang dapat lima kilogram ada yang dapat 10 kilogram,” katanya kepada Berita11.com di kantor Desa Talabiu, Senin (16/8/2016).

Menurut Supardin, fenomena warga kaya yang memperoleh jatah Raskin bukanlah hal yang baru. Fakta itu sudah berlangsung lama bahkan di sejumlah desa lain. “Jadi tidak dibagi langsung per warga itu satu zak, tapi dibagi-bagi,” katanya.

Ia mengatakan, jumlah Raskin yang didistribusikan Bulog untuk desa setempat Senin kemarin sebanyak 210 zak. Beras itu juga diperuntukan untuk aparatur pemerintah desa setempat. Sebenarnya jumlah tersebut belum mencukup jumlah warga miskin di Talabiu. Saat ini jumlah penduduk desa setempat sebanyak 7000 jiwa, sedangkan jumlah penduduk di atas 17 tahun sebanyak 4003 berdasarkan data pemilih Pilkada 2015 lalu. (US)

No comments