Breaking News

Puluhan Siswa SDN 1 Mengikuti Ujian INAP

Siswa SDN 1 Kota Bima saat Mengikuti Ujian Dari Tim INAP. Foto Berita11.com

Kota Bima, Berita11.com— Puluhan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Kota Bima, mengikuti ujian yang dipantau khusus tim Indonesian National Assesment Programme (INAP) Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Senin (22/8/2016) pagi.

Kepala SDN 1 Kota Bima, Burhanuddin AR, S.Pd menjelaskan, INAP merupakan program kerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan pemerintah Australia. Di NTB ada 16 sekolah yang dipantau dan didata diantaranya SDN 1 Kota Bima. “Setelah siswa mengikuti ujian, kami dan para guru mengisi kuesioner,” katanya kepada Berita11.com di SDN 1 Kota Bima, Senin (22/8/2016).


Baca Juga:


INAP merupakan program yang dilaksanakan untuk memantau pendidikan secara periodik dan sistematik. Pemantauan dilaksanakan untuk memperoleh informasi yang lebih menyeluruh dari permasalahan yang dihadapi sehingga kebijakan yang diambil dapat sesuai dengan permasalahan yang ada. Tujuan INAP adalah rintisan studi dan proses capacity building untuk membentuk sistem pemantauan di tingkat provinsi yang terlembaga.

Selain itu, tujuan lainnya membandingkan tingkat keberhasilan  program (prestasi), mengidentifikasi domain konten dan kognitif yang belum dikuasai, serta mengidentifikasi variabel latarbelakang siswa, guru dan sekolah yang menententukan keberhasilan siswa.

Menurut Burhanuddin, secara umum, mutu pendidikan merupakan salahsatu atensi sekolah setempat. Selama ini SDN 1 Kota Bima tercatat menjadi salahsatu sekolah yang rutin mengikuti berbagai lomba akademik dan ekstrakurikuler. Beberapa prestasi yang diraih SDN 1 diantatanya juara cerdas cermat tingkat Kota Bima, juara 1 ketegori putra lomba gerak jalan dalam rangka HUT ke-71 Republik Indonesia belum lama ini. (AN)

No comments