Breaking News

Rasio Penyuluh dengan Petani belum Seimbang

Diklat Tematik yang Diikuti Penyuluh dari Berbagai Kecamatan


Bima, Berita11.com— Rasio penyuluh pertanian dengan jumlah petani di Kabupaten Bima belum seimbang. Karena luas areal tanam terus bertambah termasuk pasca program pencetakan sawah baru 4000 lebih di Kabupaten Bima.

Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Bima, Ir Abdullah mengatakan, pemekaran beberapa desa hingga menjadi 191 desa di Kabupaten Bima perlu diimbangi jumlah penyuluh. Apalagi secara nasional program pemerintah pusat adalah mewujudkan swasembada pangan. “Konsumsi beras kita masih tinggi belum diikuti ketersediaan stok beras sehingga ketahanan pangan ini merupakan program nasional,” katanya saat penutupan Diklat tematik bagi penyuluh pertanian di P4S Kecamatan Bolo, Sabtu (13/8/2016).

Idealnya, petani setiap desa didampingi satu penyuluh. Namun kini pekerjaan penyuluh PNS dibantu oleh Tenaga Harian Lepas (THL). Saat ini pemerintah sedang berupaya memperjuangkan status THL atau tenaga kontrak dan honorer daerah diangkat menjadi PNS.

“Ke depan penyuluh yang dikontrak dan honor daerah ini akan diupayakan menjadi PNS. Namun perlu diketahui juga di Kabupaten Bima jumlah pegawai juga banyak. Kalau dilihat dari DAU itu tidak seimbang,” katanya. (US)

No comments