Breaking News

Ratusan Rumah di Pekat Rusak Akibat Guncangan Gempa

Lokasi Pusat Gempa di Dompu. Orginal Picture BMKG.go.id


Dompu, Berita11.com— Ratusan rumah di Kecamatan Pekat Kabupaten Bima rusak akibat guncangan gempa tektonik 5,6 Skala Ritcher (SR),  07.40 Wita, Senin (01/8/2016). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun sedikitnya 31 rumah milik warga rusak parah.

Camat Pekat Kabupaten Dompu, Gunawan SE yang dihubungi redaksi Berita11.com (Beritabima.com group) Senin siang menyebutkan, berdasarkan pendataan awal pemerintah setempat bersama tim dari Pemkab Dompu, 103 rumah rusak ringan akibat gempa. 31 rumah lainnya rusak parah.

“Saat ini kami masih di lapangan mendata bersama tim dari Pemda dan BNPB. Yang paling banyak rusak ringan,” katanya kepada Berita11.com/Beritabima.com melalui sambungan Ponsel.

Gunawan mengungkapkan, hingga kini belum ada bantuan yang diterima warga korban gempa di Kecamatan Pekat. Upaya yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Pekat dan BNPB yaitu menghilangkan trauma warga paca gempa Senin pagi.

“Kalau bantuan belum ada, sementara kita masih data bersama BNPB. Insya Allah mungkin akan ada bantuan kebetulan sekarang BNPB Kabupaten Dompu dan Provinsi juga turun,” katanya.

Warga Pekat, Drs Yusuf MPd yang dihubungi terpisah mengatakan, sebagian banyak rumah warga yang rusak hanya sebagian seperti bagian dapur. “Kalau yang rusak ringan itu umumnya sebagian yang ambruk. Tapi saat ini sudah ada penanganan cepat dari pemerintah kecamatan dengan langsung mendatanya bersama BNPB,” ujar mantan Kepala UPT Dinas Dikpora Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu ini kepada Berita11.com melalui sambungan Ponsel. (US)



No comments