Breaking News

SMAN 1 Soromandi Terapkan Kurikulum 2013 untuk Siswa Baru


Kepala SMAN 1 Soromandi Amiruddin. Foto Hamid Berita11.com

Bima, Berita11.com— SMAN 1 Soromandi Kabupaten Bima menerapkan kurikulum 2013 bagi siswa baru kelas sepuluh (X) tahun pada tahun ajaran 2016-2017. Penerapan tersebut merupakan langkah awal dalam upaya memandirikan sekolah terhadap kurikulum baru tersebut. 

“Kalau kelas sepuluhnya K13. Termasuk K13 mandiri dalam hal pembiayaannya. Kelas sebelas (XI) dan dua belas (XII) masih KTSP,” kata Kepala SMAN 1 Soromandi, Drs. Amiruddin kepada Berita11.com di sekolah setempat, Senin (08/8/2016). 

Implementasi kurikulum 2013 diwajibkan untuk 87 siswa baru. Termasuk didalamnya 19 siswa kelas jauh yang berada di Dusun Sowa Desa Kananta.

Mantan Kepala SMAN Palibelo ini menganggap pihaknya sudah siap mengadopsi pendidikan yang berbasis pengembangan karakter tersebut. “Insya Allah perangkatnya sudah siap. Guru juga sudah mendapatkan pelatihan. Ada juga guru senior, kesiapan kita hampir 80 persen. Jadi kita sudah mampu melaksanakannya,” jelasnya. 

Ia mengatakan perbedaan KTSP dan kurikulum 2013 tidak terlalu signifikan. Hanya saja ada beberapa indikator yang mengungguli kurikulum 2013. Yakni sistem penilaian dan penekanan mata pelajaran pokok melalui tambahan jam belajar. 

“Sebenarnya sama saja. Cuma bedanya dipenilaiannya dan ada penambahan jam pelajaran. Misalnya, IPS pada mata pelajaran Sejarah dari dua jam menjadi empat jam. Bentuk nilainya juga harus dideskripsikan,” imbuhnya. 

Amiruddin menambahkan kendati baru menjabat sebagai kepala di sekolah setempat, secara internal ia meminta seluruh guru bisa menghargai waktu dan terus mengembangkan diri untuk mewujudkan mutu pendidikan. “Kalau sudah K13 harus disiplin. Karena diutamakan karakter. Jadi datang dan pulang harus tepat waktu,” katanya. (ID) 


No comments