Breaking News

STKIP Taman Siswa Kampus Pertama di NTB Melaksanakan Seleksi Online Penerimaan Maba

Calon Mahasiswa Baru Mengikuti Ujian Online Hari Pertama di Kampus STKIP Taman Siswa Bima

Bima, Berita11.com— Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima merupakan kampus yang memiliki komitmen tinggi terhadap mutu pendidikan dan pengembangan karakter Sumber Daya Manusia. Senin (1/8/2016) kampus setempat melaksanakan ujian online untuk 500 calon mahasiswa baru (Maba).

STKIP Taman Siswa merupakan kampus pertama di NTB yang melaksanakan ujian online untuk proses penerimaan mahasiswa baru. Bahkan bila dibandingkan kampus negeri baru sebatas menggunakan sistem online untuk pendaftaran pada alikasi Sistem Informasi Akademik (SIAKAD).

“Saya bisa bilang kami yang pertama menggunakan sistem seleksi secara online di NTB. Kalau khususnya di Pulau Sumbawa saya bisa pastikan kami yang pertama. Sekarang menggunakan pendekatan IT,” ujar Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr. Ibnu Khaldun, M.Si kepada Berita11.com, Senin (1/8/2016).

Dijelaskannya, seleksi online berbasis komputer pada proses penerimaan mahasiswa baru merupakan bagian dari komitmen kampus setempat membangun transaparansi dan sistem akuntabel dalam penerimaan Maba.

“Salahsatunya bahwa dengan adanya seleksi online guna mewujudkan transparansi dan  unsur kepastian untuk menimalisasi praktik percaloan, lobi-lobi atau titipan. Jadi yang dinyatakaan lulus itu dari proses ini nomornya bukan nama-nama mahasiswa,” katanya.

Sistem baru dalam seleksi Maba tersebut juga sesuai prinsip kampus STKIP Taman Siswa yakni membangun Iptek dan Imtaq dalam mewujudkan SDM atau output berkualitas. Sesuai jadwal ujian seleksi Maba dilaksanakan mulai 1-4 Agustus 2016.

Selain ujian online, kampus setempat akan melaksanakan tes wawancara bagi Maba meliputi komitmen menuntaskan kuliah, terkait Narkoba, aktivitas merokok dan kekuatan Imtaq (karakter).

Ibnu mengatakan, pada gelombang pertama 500 calon mahasiswa baru yang mendaftar terbagi pada sejumlah program studi (Prodi) yakni PGSD sebanyak 5 kelas, Penjaskesrek sebanyak 3 kelas, Pendidikan Teknik Informatika (PTI) sebanyak 2 kelas, dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Fisika dan Pendidikan Matematika masing-masing 1 kelas. Setelah itu, kampus setempat akan membuka pendaftaran gelombang kedua.

Dia menambahkan, sebelum memulai aktivitas perkuliahan, kampus STKIP Taman Siswa akan membangun komitmen dan kesepahaman dengan orangtua mahasiswa. Pada sisi lain, kampus setempat terus berupaya membenahi segala aspek termasuk perangkat pendukung. Saat ini kampus STKIP Taman Siswa Bima sudah memiliki website dan menerima pendaftaran Maba secara online. Selain itu,  memiliki basis data induk (data base) dlam bentuk Sistem Informasi Akademik (SIMAK), sehingga mahasiswa sudah bisa mengecek nilai melalui aplikasi tersebut.

“Saat ini kami terus sosialisasikan atau mengenalkan SIMAK kepada mahasiswa. Untuk pendaftaran mahasiswa sudah bisa mengakses melalui android,” pungkasnya. (US)

No comments