Breaking News

108 Warga sudah Menerima Ganti Rugi Normalisasi Sungai

Kegiatan Normalisasi Sungai di Desa Talabiu Kecamatan Woha.


Bima, Berita11.com— Pemerintah mempercepat pembayaran ganti rugi lahan warga yang masuk areal proyek normalisasi sungai dari Desa Cenggu Kecamatan Belo hingga Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima. 108 warga telah menerima pembayaran ganti rugi dari pemeritah.

Kepala Bagian Tata Pemerintah Kabupaten Bima, Drs H Masykur mengatakan, 108 warga yang menerima pembayaran ganti rugi yaitu pemilik lahan yang sudah divalidasi oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bima dan sudah diverifikasi oleh Bagian Tata Pem.

“Sudah kita bayar tahap pertama kemarin. Itu kita verifikasi yang lengkap secara. Pertama sudah dilakukan validasi oleh BPN, berdasarkan validasi itu kita varifikasi lagi dokumennya di sini, nama dan luas lahan,” ujar Masykur kepada Berita11.com di Sekretariat Daerah Kabupaten Bima, Selasa (27/92016).

Proyek normalisasi sungai yang sedang dilaksanakan pemerintah dari Desa Cenggu Kecamatan Belo hingga Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima yakni sepanjang 7,1 kilometer dengan lebar total setiap titik 26 meter yang terdiri dari 18 meter alur sungai, ruas jalan (inspeksi) bagian kiri dan kanan masing-masing dua meter.

Diakui Masykur, pada proses pembebasan lahan pemerintah kerap menghadapi penolakkan dari warga. Namun pemerintah tetap berupaya membangun dialog. “Memang sering ada masalah, tapi dengan dialog dan komunikasi yang baik semua bisa teratasi,” ujarnya.

Soal potensi adanya mafia dalam setiap proses pembebasan lahan sebuah proyek strategis. Diakui dia, pemerintah belum mengetahui kemungkinan itu. (US)


No comments