Breaking News

Ada 17 Kelurahan Kumuh di Kota Bima

Kepala Dinas PU dan Tamben Kota Bima, Muhammad Amin. Foto Berita11.com


Kota Bima, Berita11.com— Tahukah anda bahwa saat ini di Kota Bima ada 17 kelurahan yang ditetapkan lokasi kumuh? Jumlah kelurahan kumuh tersebut meningkat dari awalnya hanya lima lokaasi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Pertambangan dan Energi (DPU dan Tamben) Kota Bima, Muhammad Amin, S.Sos, mengatakan, kelurahan kumuh di Kota Bima tersebar di sejumlah wilayah. Beberapa kelurahan kumuh yang ditetapkan pemerintah diantaranya yaitu Kelurahan Tanjung, Kelurahan Dara, Kelurahan Paruga, Kelurahan Melayu dan  Kelurahan Nae. Umumnya titik kelurahan kumuh tersebut berada di wilayah bagian barat Kota Bima.

“Namun ke depan ini juga beralih ke wilayah timur. Penetapan kelurahan kumuh tersebut sebenarnya hanya untuk memancing bantuan anggaran dari pemerintah pusat,” ujar Muhammad Amin kepada Berita11.com di DPU dan Tamben Kota Bima, kemarin.

Ia mengakui, saat ini pemerintah sedang melaksanakan proyek drainase untuk sejumlah kelurahan Kumuh seperti Kelurahan Tanjung Kecamatan Rasanae Barat dan Kelurahan Mande Kecamatan Mpunda, dengan total anggaran Rp3,5 miliar.

Amin berharap ke depan penetapan kelurahan kumuh dapat membantu upaya pemerintah daerah dalam melobi anggaran ke pemerintah pusat. Sebelumnya, penanganan kelurahan kumuh dan drainase juga dibantu oleh lembaga Y-Consultan dari Belanda. Hanya saja konsultan itu hanya membantu rancangan dan perencanaan sehingga memudahkan lobi anggaran di kementerian terkait.

Diakui Muhammad Amin, ada beberapa kekuatiran pemerintah daerah terhadap pelaksanaan sejumlah proyek di Kota Bima yang bersumber dari APBN, terutama respon masyarakat yang kerap melakukan protes terhadap pembangunan. Padahal proses tender hingga pelaksanaan dilakukan pemerintah pusat. (US)

No comments