Breaking News

BPN Heran Muncul Masalah pada Proyek Normalisasi Sungai di Talabiu

Kepala BPN Kabupaten Bima, Said Asa. Foto Hamid Berita11.com


Bima, Berita11.com— Kepala Badan Pertanahan (BPN) Kabupaten Bima Said Asa merasa heran dengan muncul aksi warga terkait proyek normalisasi sungai di Desa Talabiu Kecamatan Woha Kabupaten Bima. Padahal, BPN sudah melakukan sosialisasi awal kepada masayarakat dan pemerintah desa setempat. 


Baca Juga:


“Kemarin sudah kita sosialiasikan di pemerintah kecamatan dengan mengundang masyarakat dan pihak desa. Kita sudah bahas dan sepakati dalam pertemuan. Tapi kami heran muncul masalah itu,” katanya kepada Berita11.com dikantor BPN setempat, Senin (19/9/2016). 

Said menjelaskan secara teknis Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bima yang berwenang mengatur dan menentukan tanda batas pelebaran. Tugas BPN hanya mendata perubahan untuk disampaikan pada pemilik tanah. 

“Dinas PU kan yang mengatur dan menentukan sampai mana tanda batas lebar normalisasi, bukan BPN. Kami hanya ukur saja. Hasil ukurnya sudah semua kita sampaikan ke desa dan tinggal dibayar kepada yang bersangkutan,” katanya. 

Menurut dia, normalisasi sungai di desa setempat sudah semestinya dilakukan. Sebab, salah satu penyebab banjir terjadi karena tidak adanya rekondisi sungai. “Memang bagusnya dinormalisasi agar tidak lagi banjir. Air sungai tak meluap lagi ke sawah warga,” ujarnya. (ID) 


No comments