Breaking News

Capek Nunggu Penyerahan Aset RSUD Bima, Rumah Sakit Tipe D Dibangun

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bima, Ahmad, S.Sos. Foto Berita11.com


Kota Bima, Berita11.com— Lobi-lobi dan upaya membujuk agar aset Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bima diserahkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bima tak kunjung berbuah manis. Pemkot Bima akhirnya memilih jalan sendiri membangun rumah sakit tipe D.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bima, Ahmad, S.Sos mengatakan, penyiapan rumah sakit tipe D adalah peningkatan status dari Pusat Kesehatan Masyarakat Puskesmas Asakota. 
Fasilitas itu ditargetkan aktif mulai tahun 2017 mendatang.

“Rumah sakit tipe D yang kita siapkan adalah Puskesmas Asakota. Kalau yang lain masih melayani kebutuhan pelayanan kesehatan dasar,” katanya di Dikes kepada Berita11.com, kemarin.

Dikatakannya, rumah sakit pratama tersebut akan didukung empat tenaga dokter spesialis yakni spesialis anak, kandungan, penyakit dalam dan beda. Setelah itu, seiring waktu Dikes akan mendorong peningkatan status hingga menjadi tipe A.

“Kalau untuk tenaga dokter spesialisnya sedang mengikuti pendidikan. Nanti seiring peningkatan status akan dilengkapi semua dokter spesialisnya,” ujar Ahmad.                        

Selain meningkatkan status Puskesmas Asakota menjadi rumah sakit tipe D, pemerintah juga berupaya mendekatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Saat ini, pemerintah sedang membangun Puskesmas Kumbe yang akan melayani warga Kumbe dan Oi Fo’o.

“Rata-rata di 38 kelurahan sudah ada sarana pelayanan kesehatan pembantu. Kita tingkatkan terus agar pelayanan kepada masyarakat berjalan maksimal. Sekarang juga lagi dibangun di Rabadompu Timur,” katanya. (US)

No comments