Breaking News

Dikes Kabupaten Bima Usulkan Akreditasi Lima PKM

PKM Soromandi. Ilustrasi


Bima, Berita11.com— Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima tahun ini mengusulkan lima dari 21 pusat kesehatan masyarakat (PKM) memperoleh akreditasi dari Kemementerian Kesehatan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan standar pelayanan kesehatan pada tingkat kecamatan.

Sekretaris Dikes Kabupaten Bima, Mohamad Saleh, M.AP menjelaskan tahap awal akreditasi PKM difokuskan pada lima kecamatan. Yaitu Kecamatan Sape, Woha, Bolo, Wera dan Monta. Selanjutnya akan ditambah lima lagi pada tahun 2017.

“Tahun ini lima. Kemudian tahun berikutnya lima lagi diakreditasi. Dari 21 PKM di Kabupaten Bima kita harap terakreditasi semua,” kata dia kepada Berita11.com di Dieks, Rabu (28/9/2016).

Dikatakannya, lima PKM tersebut akan dinilai tim independen yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan. Penilaian dijadwalkan  pada Oktober mendatang. Mereka akan memonitoring dan mengevaluasi kesiapan PKM.

“Insya Allah tim penilai independen, sekitar tanggal 15 sampai 19 Oktober akan turun,” ujarnya.

Elemen penilaian, kata dia secara umum diukur dari standar pelayanan dan sarana prasarana yang tersedia. Dikes juga telah membentuk tim pendamping untuk lima PKM yang akan diakreditasi.

“Kita membantu kesiapan mereka,  dengan tim pendamping evaluasi. Sudah dibuatkan surat keputusannya,” tuturnya.

Ia berharap setelah akreditasi PKM dapat memberikan pelayanan  bermutu pada masyarakat. Saat ini Dikes tengah menggejot kesiapan sarana penunjang PKM yang ditunjuk.

“Untuk menuju pelayanan yang bermutu. Sakarang kita lagi berbenah fasilitas di lima PKM yang diusul,” katanya. (ID)

No comments