Breaking News

Dinas Dikpora Antisipasi Penyebaran Buku Berisi Sekte Wahabi

Kepala Dinas Dikpora Kota Bima, H. Alwi Yasin. Foto Berita11.com


Kota Bima, Berita11.com— Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima akan mengantisipasi penyebaran buku pelajaran Agama dan Budi Pekerti yang berisi tentang ajaran (sekte) Wahabi. Dinas setempat akan mengeluarkan surat himbauan kepada sekolah untuk mengecek dan memastikan tidak ada buku itu yang tersebar di sekolah.

Kepala Dinas Dikpora Kota Bima, Drs H Alwi Yasin, M.Ap mengatakan, dinas setempat juga akan mengecek langsung kemungkinan adanya peredaran buku itu di Kota Bima. “Kita akan melihat seperti apa bukunya kemudian isi dalamnya, yang jelas pemerintah dalam kurikulum pendidikan itu tidak mengajarkan anak agama yang bernuans aliran atau sekte tetapi mengajarkan agama yang fundamental,” katanya di Dinas Dikpora Kota Bima, Selasa (20/9/2016).

Menurut Alwi penyebaran buku agama yang berisi materi tentang faham atau aliran tertentu harus diantasipasi. Jangan sampai penyebaran buku itu mencarai-berai anak bangsa. “Tentu anak muda sasaranya, bikin anak muda beringas. Kalau dicuci otaknya ia tidak pernah tidak berpikir bernegara dan berbangsa,” ujar Alwi.

Seperti yang diketahui sekte Wahabi tertuang dalam Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMA/ SMK dan sederajat kelas 2 bagian dari Kurikulum 2013 cetakan tahun 2014. 

Sebelumnya, persoalan tersebut menjadi atensi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Di sejumlah daerah penyebaran buku tersebut membuat resah masyarakat.  (US/ID)

No comments