Breaking News

Diskop dan UMKM: Kehadiran Mini Market Ancaman untuk Pengusaha Kecil

Mini Market Alfa Mart. Foto Ist


Bima, Berita11.com— Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Bima, Hj. Maesyarah SE mengatakan dampak buruk dari kehadiran mini market di daerah merupakan ancaman bagi pengusaha bermodal kecil. 

“Dengan adanya kios modern. Dampaknya kebiasaan masyarakat belanja di situ. Apalagi mini market buka 24 jam. Jadi negatif secara usaha, sama saja dengan mematikan UKM yang ada,” katanya kepada Berita11.com di dinas setempat, kemarin. 



Baca Juga:



Dikatakannya dengan adanya kegiatan mini market, dikuatirkan usaha kecil seperti kios menjadi sulit berkembang. Karena dari segi modal mereka tak mampu bersaing. Selain jam operasi yang lebih lama, barang yang jual juga jauh lebih komplit. 


“Dari segi usaha, nantinya tidak bisa bersaing dengan modal usaha kecil. Apalagi jika dibangun di desa yang hidup dari usaha kios,” jelasnya. 

Meski demikian ia mendukung kebijakan pemerintah tersebut. Menurutnya, secara positif mini market bisa menyediakan kebutuhan barang yang lebih bervariasi bagi masyarakat. 


Dia mengharapkan nantinya setelah beroperasi, pihak mini market dapat menerapkan harga yang kompetitif serta ada intervensi pemerintah daerah di dalamnya. Sehingga tidak mengancam keberadaan UMKM binaan dinas setempat. 


“Dari harga kita harap bersaing dengan harga kios dan terjangkau. Sebenarnya kita dukung. Tapi nanti tergantung kesepakatanya dengan pemerintah,” katanya. (ID) 

No comments