Breaking News

Disperindag Minta Masyarakat Awasi Proyek Revitalisasi Pasar Bolo

Kegiatan Revitalisasi Pasar Bolo. Foto Hamid Berita11.com

Kota Bima, Berita11.com— Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan  (Disperindag) Kabupaten Bima, Drs H. Ridwan Yasin meminta masyarakat mengawasi pelaksanaan proyek revitalisasi pasar di Kecamatan Bolo. Karena hingga saat ini pihak pelaksana belum memasang papan informasi proyek tersebut. 

“Kami minta masyarakat awasi pelaksanaan proyek. Kualitas material dan bahan hingga proses pelaksanaannya sampai selesai. Sebab nanti yang merasakan fasilitas itu masyarakat sendiri,” katanya kepada Berita11.com di dinas setempat, Selasa (6/9/2016). 

Ridwan menjelaskan proyek revitalisasi pasar tersebut ditangani oleh pihak pemenang tender yang pagunya bersumber dari APBD tahun 2016. Total nilai proyek sebesar Rp1,2 milyar untuk membenahi 25 kios yang ada di pasar setempat. “Itu kami tenderkan dari DPA dinas. APBD II tahun anggaran 2016,” jelasnya. 

Dikatakannya 25 kios tersebut akan dilakukan rehab yang didasari dari hasil analisis konsultan perencanaan. Kondisi kios sudah selayaknya direvitalisasi, mengigat keberadaan bangunan sudah berusia lebih dari 25 tahun. Ini merupakan upaya pemerintah dalam menyiapkan sarana penunjang ekonomi masyarakat yang layak. 

“Revitalisasi dilakukan karena kondisinya tidak layak. Untuk melayani kepentingan masyarakat dalam rangka memberikan kenyamanan transaksi jual-beli. Jadi tidak kumuh dan semrawut,” katanya. 

Sebelumnya, kata Ridwan, pihaknya telah melaksanakan sosialisasi kepada penyewa kios dan otoritas setempat. Saat kegiatan itu, telah menekankan agar tidak ada terjadi masalah yang timbul usai revitaliasi pasar rampung. 


“Kita juga minta tidak terjadi masalah seperti di pasar Tente. Tiba-tiba penyewa baru muncul. Kalau habis, diperpanjang kontraknya. Karena tempat itu milik pemerintah,” ujarnya. (ID) 

No comments