Breaking News

Dukungan Pemprov NTB Diharapkan Nyata

Kegiatan Rakor Pembinaan Pembangunan Kabupaten se NTB, Selasa (27/9/2016)


Bima, Berita11.com— Rapat koordinasi pembinaan pembangunan kabupaten se-Nusa Tenggara Barat digelar di aula rapat bupati Bima dihadiri Kepala SKPD dan Kasubag Program lingkup Kabupaten Bima, Selasa 27 September 2016

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bima Zunaidin, S.Sos.,M.M saat sesi tanya jawab meminta Pemerintah Provinsi NTB harus memberikan dukungan yang lebih nyata dalam pembangunan Kabupaten Bima khusunya di sektor perhubungan. “Nggak boleh ada ketimpangan pembangunan wilayah," kata Zunaidin.

Zunaidin yang didampingi Arief Rachman Kasubag Program dan Pelaporan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bima menekankan bahwa daerah pembangunan Provinsi NTB adalah sepuluh Kabupaten/Kota yang ada di pulau Sumbawa dan pulau Lombok.

“Nah, kalau misalnya ada anggaran 3 Triliun lantas jatah Kabupaten Bima hanya 3 Milyar itu salah kaprah,” kata Zunaidin.

Dia menanyakan adanya keinginan pemerintah pusat yang ingin mengambil alih beberapa potensi PAD seperti jembatan timbang dan terminal yang saat ini dokelola oleh Dinas Perhubungan.

"Nggak perlu pusat mengambil alih. Kalau mau membangun di daerah, pusat bisa menugaskan secara dekonstrasi (tugas pembantuan),” ujar Zunaidin.

Karo Administrasi Pembangunan Provinsi NTB, Gde Sugiartha mengatakan, setelah kordinasi tugas SKPD belum selesai, karena baru koordinasi secara makro. “Perlu koordinasi secara mikro dengan SKPD terkait,” tukasnya

Menurut Gde, awal tahun anggaran perlu penajaman program dalam bentuk berkoordinasi dengan SKPD terknis terkait.  “Marilah kita saling berkoordinasi dan jangan lupa melihat dari sisi kewenangan,”  katanya.

Sekretaris Daeah Kabupaten Bima Drs. H.M. Taufik HAK, M.Si  menjelaskan, rakor pembangunan ditujukan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di  Kabupaten Bima. Selain itu, sebagai landasan dalam menyamakan persepsi antara pemerintah Provinsi NTB dengan pemerintan Kabupaten/kota. 

Taufik mengapresiasi Pemerintah Provinsi NTB yang bekerjasama dengan Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Bima untuk bersama-sama menelaah dan membahas secara rinci item program dan kegiatan yang akan dijabarkan tahun depan.

“Agar nantinya akan terwujud sinkronisasi  program pembangunan yang akan  dijabarkan di wilayah Kabupaten Bima peserta Rakor diharapkan dapat bertukar  informasi dan aspirasi yang konstruktif  agar  percepatan pembangunan di  Kabupaten Bima dapat berjalan dengan maksimal.(AN)

No comments