Breaking News

Enam Korban Keracunan Ikan Tongkol masih Dirawat di RSUD

Santri Korban Keracunan Ikan Tongkol masih Dirawat di RSUD Bima. Foto Hamid Berita11.com

Kota Bima, Berita11.com— Enam dari 62 korban keracunan ikan tongkol, santri Pondok Pesantren Darul Hikmah Soncolela  Kelurahan Matakando Kecamatan Mpunda Kota Bima hingga Rabu (28/9/2016) sore masih dirawat di ruang instalasi gawat darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah Bima.

“Ini tinggal enam orang. Satu laki-laki dan lima perempuan. Kalau mereka pulih bisa langsung krluar”  ujar Ketua Pondok Pesantren Darul Hikmah, H. Muhammad Haris SH kepada Berita11.com di ruang IGD RSUD Bima, Rabu (28/9/2016).

Sebelumnya, kata dia korban yang dirawat di RSUD berjumlah 62 orang. Setelah kondisi 56 orang membaik pihak rumah sakit mengijinkan mereka pulang.

Dikatakannya kejadian bermula dari pemberian oleh salahsatu warga yang biasa memberikan bantuan makanan pada pesantren. Ikan tongkol yang dikonsumsi telah diolah dengan cara dibakar dengan pelepah pinang dan dibagikan kepada santri dan guru di pesantren.

“Setelah dimakan mulailah gejalanya. Ada yang mencret dan pusing kepala,” katanya.
Korban yang masih dirawat memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Sehingga lebih lama mendapat perawatan. “Yang jaga itu juga makan tapi ngak apa karena daya tahan tubuhnya kuat. Sementara yang terbaring ini cuma nyicip saja,” imbuhnya.

Menurut Haris, kejadian ini menjadi sebuah pelajaran. Pihak pondok tidak akan mempermasalahkan insiden itu. “ini srbuah hikmah. Kita tidak mau permasalahkan lebih jauh lagi,” katanya.

Seperti diketahui sebelumnya,  Selasa (27/9/2016) puluhan santriwati Ponpes Darul Hikmah Soncolela dibawa ke RSUD Bima akibat keracunan ikan tongkol. (ID)

No comments