Breaking News

Gerasip Tuntut Keterbukaan Informasi Publik di Desa Dena

Aksi Massa Menuntut Implementasi KIP di Desa. Foto Berita11.com


Bima, Berita11.com— Sejumlah pemuda yang menamakan diri Gerakan Generasi Anti Penindasan (Gerasip) menggelar demo di depan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMDes) Kabupaten Bima, di jalan Garuda Kota Bima, Senin (19/9/2016). Mereka menuntut Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dalam pelaksanaan anggaran Desa Dena.

Massa mengusung sejumlah tuntutan yakni meminta Pemerintah Desa Dena dan tim pelaksana menempelkan Rencana Penggunaan Uang (RPU), Rencana Anggaran dan Biaya (RAB) dan papan informasi yang memuat detail rencana program dan penggunaan anggaran.

Selain itu, perwakilan massa meminta kepada Pemerintah Kabupaten Bima menghadirkan pihak Pemerintah Desa Dena, Dirjen Pajak, BPMDes dan Dinas Pekerjaan Umum untuk menglarifikasi yang terjadi di Desa Dena.

Menurut massa, sesuai Pasal 68 dan Pasal 82 Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014, maka masyarakat berhak mengawasi pembangunan desa dan berhak memperoleh informasi terkait rencana dan pelaksanaan pembangunan desa. Untuk itu pelaksanaan program harus dilakukan secara terbuka dan bertanggungjawab.

Walaupun melakukan orasi hampir setengah jam, tidak ada perwakilan BPMDes yang menemui massa. Demo belasan orang ini diawasi oleh sejumlah aparat kepolisian. (US)

No comments