Breaking News

Hingga Agustus, Penerbangan Pesawat Sudah 2.413 Kali

Jumlah Penumpang Pesawat Terbang Meningkat Seiring Membaiknya Pelayanan Maskapai. Foto Berita11.com


Bima, Berita11.com— Berdasarkan data  proyeksi penerbangan dan penumpang Bandar Udara (Bandara) Sultan Salahuddin Bima per Agustus 2016, tercatat penerbangan (flight) pesawat di bandara setempat mencapai 2.413 kali. Jumlah tersebut diperkirakan akan mengalami peningkatan hingga akhir Desember mendatang.

“Jumlah penerbangan masih sama 6 kali sehari. Rute ke Bali dua dan Lombok empat kali. Jumlah ini akan terus bertambah sampai akhir Desember,” kata Kepala Tata Usaha Bandara Sultan Salahuddin Bima, Sutarmin kepada Berita11.com di kantor unit penyelenggara bandara setempat, kemarin.

Sutarmin menjelaskan, sesuai statistik, kedatangan pesawat tercatat telah terjadi sebanyak 1.056 kali. Sementara keberangkatan berjumlah 1.357 kali dengan total penumpang sebanyak 154.794 orang.

Ia menuturkan pada tahun 2015 lalu terjadi penurunan pengguna transportasi udara akibat adanya insiden kecelakaan. Tercatat dalam tahun 2015, jumlah penerbangan hanya 2.650 kali yang berawak 157.881 orang. Jumlah ini jauh lebih baik dibanding tahun 2014 dengan 3.220 kali penerbangan dan total penumpang mencapai 163.087 orang.

Dia mengatakan jumlah penumpang pada akhir Agustus lalu sekitar 70.000 orang. Menurutnya animo masyarakat memilih tumpangan pesawat cukup tinggi seiring dengan membaiknya pelayanan maskapai penerbangan dan fasilitas yang tersedia di bandara.

Saat ini pihak bandara tengah melakukan studi enginering dan landasan berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam rangka rencana pengembangan landasan pacu (run way). “Kita sedang studi enginering dan pengembangan. Karena diujung landasan ada sungai jadi kita lakukan kajian,” katanya. (ID)

No comments