Breaking News

Ini Empat Fokus Lokasi Sholat Idul Adha di Kota Bima

Ketua PHBI Kota Bima, H. Ahmad, S.Ag. Foto Berita11.com

Kota Bima, Berita11.com— Pantia Hari Raya Besar Islam (PHBI) Kota Bima sudah menetapkan empat lokasi yang menjadi fokus utama pelaksanaan sholat Idul Adha 1437 Hijriyah Kota Bima.
Ketua PHBI Kota Bima, H Ahmad, S.Ag, menyebutkan, empat lokasi fokus utama pelaksanaan sholat yakni lapangan Serasuba, lapangan atletik Manggemaci, halaman kantor Wali Kota Bima, dan lapangan Pahlawan Raba. “Ada empat fokus utama tempat atau lokasi pelaksanaan sholat Idul Adha di Kota Bima,” ujar H. Ahmad kepada Berita11.com di kantor Wali Kota Bima, Rabu (8/9/2016).
Dikatakannya, pekan lalu PHBI bersama institusi terkait seperti Dinas Perhubungan, DLAJJ, Kasat Pol PP, Kementerian Agama, Majelis Ulaman Indonesia dan PHBI Kecamatan, telah melaksanakan rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Idul Adha. Hanya saja hingga kini, PHBI belum memperoleh konfirmasi lokasi Wali Kota dan Wakil Kota Bima melaksanakan sholat Idul Adha.
“Pejabat penting akan menyebar di empat lokasi tersebut. Apakah Wakil Wali Kota yang akan sholat bersama warga di lapangan Pahlawan Raba atau Wali Kota di lapangan Serasuba. Kita belum mendapatkan konfirmasi, mungkin tiga hari sebelum pelaksanaan baru ada,” katanya.
H Ahmad mengatakan, PHBI juga sudah berkoordinasi dengan aparat Satuan Lalulintas Polres Bima Kota yang akan bertugas melaksanakan pengamanan sholat Idul Adha. Saat kegiatan sholat Idul Adha akan ada pengalihan arus lalulintas di depan lapangan atletik Mangggemaci, sehingga diharapkan warga dapat khusuq melaksanakan sholat.
Diakuinya, saat ini PHBI juga sudah mengeluarkan jadwal serta khatib dan imam sholat Idul Adha di sejumlah wilayah di Kota Bima. Panitia juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kota Bima terkait pendataan hewan kurban.
Penyembelihan hewan kurban diarahkan di Rumah Potong Hewan (RPH) sehingga dagingnya tinggal didistribusikan kepada warga. Sasaran utama penerima daging kurban yakni warga tidak mampu di daerah pinggirian. “Panitia hewan kurban dipusatkan di (Ponpes) Al Khusaini dan sedang didata calon penerima daging kurban,” katanya.
Selain menyiapkan pelaksanaan sholat Idul Adha dan pengaturan daging kurban, PHBI Kota Bima juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan, kelurahan dan Satuan Polisi Pamong Praja terkait pawai obor dan takbir keliling yang biasa dilaksanakan masyarakat. Pawai obor hanya boleh dilakukan di gang, bukan jalan protokol sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas. Pelaksanaan pawai obor dan takbir keliling di lingkungan atau gang juga akan dampingi petugas Pol PP. (US/AN)


No comments