Breaking News

Ini Spesialnya Wisuda Angkatan IX STKIP Taman Siswa Bima

Kegiatan Wisudawa Angkatan IX STKIP Taman Siswa Bima, Sabtu (24/9/2016)


Kota Bima, Berita11.com— Acara rapat senat terbuka wisuda angkatan IX STKIP Taman Siswa Bima bertema Membangun Sarjana Pendidikan yang Beradab, Unggul dan Berdaya Saing, di audotorium Sudirman, Sabtu (24/9/2016) terbilang istimewah karena dihadiri sejumlah tamu istimewah seperti Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) RI.

Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr Ibnu Khaldun, M.Si, mengatakan, kehadiran Dr. Anwar Usman, SH,MH menjadi inspirasi semua pihak, tidak hanya peserta wisudawan tetapi semua pihak yang hadir. Karena seorang pejabat negara yang memulai karir sebagai guru Sekolah Baru alumni Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) dapat menapaki karir hingga menjadi pejabat negara setingkat Presiden RI yakni sebagai Wakil Ketua MK.

“Dari sembilan tahun perjalan kampus ini. Kami merasa beruntung karena yang hadir ini pejabat lembaga negara yang setingkat Presiden dan standar protokolernya setingkat Presiden. Itu yang membanggakan keluarga wissudawan,” ujar Ibnu.

Hal lain yang menjadi inspirasi yaitu kehadiran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah yang diwakili Kapolres Bima menyampaikan sambutan. Program Polisi Peduli Pelajar yang dilaksanakan dalam bentuk Polisi menjadi pengajar di desa terpencil dapat menjadi inspirasi bagi peserta wisuda.  Karena aparat Kepolisian yang memiliki tugas pokok terkait Kamtibmas juga memiliki kepedulian meluangkan waktu mengajar di sekolah terpencil yang kekurangan guru.

“Wisudawan itu bukan hanya seremoial milik wisudawan tapi mereka dapat mendapatkan inspirasi saat dikukuhkan sebagai sarjana. Ternyata mereka mendapatkan contoh seperti program Polisi Peduli Pelajar. Kalau Polisi hanya fokus Kamtibmas tentu tidak akan ada program Polisi Peduli Pelajar,” kata Ibnu.

Dikatakannya, kehadiran Wakil Ketua MK, Anwar Usman, tidak terlepas hubungan emosial yang sudah terjalin dengan pejabat itu. “Sebetulnya dari tahun lalu beliau hadir, tapi karena agenda ke Kajastan jadi hadir sekarang. Sekarang beliau bisa mendengar capaian-capaian kepemimpinan saya,” katanya.

Ibnu berharap kehadiran tokok-tokoh seperti Wakil Ketua MK, Kapolres dan pejabat lain menjadi inspirasi bagi lulusan untuk mencari informasi dan memperbarui motivasi dari tokoh-tokoh yang sukses. Karena tantangan semakin komplek, mulai dari persoalan ekonomi hingga isu-isu kedaerahan yang membutuhkan jawaban.

Menurutnya, alumnus Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan tak mesti harus terfokus menjadi pendidik di satuan pendidikan. Namun bisa menggunakan soft skill bekerja di sektor lain seperti perbankan. Apalagi sudah banyak alumnus yang sukses menjadi aparatur seperti Sekretaris Desa maupun aparatur lain.


Ibnu mengatakan, arah pengembangan STKIP Taman Siswa Bima juga diarahkan menjawab tantangan global dan tantangan abad 21 yang memasuki era masyarakat digitalisasi. Karena semua masyarkat berkiblat pada informasi komunikasi dan teknologi. Setahun terakhir kampus setempat mampu menghadirkan beberapa percepatan dan pembenahan seperti status akreditasi seluruh program studi dan kelembagaan.


“Kami melakukan iklim disiplin, ada kegiatan Kultum, mengaji, sholat tepat waktu, dan beasiswa bagi hafiz-hafiz,” katanya. (US/*)

No comments