Breaking News

Jika Terjadi Insiden, tak Ada Pemadaman Berbulan-bulan

PH Manager PLN NTB Area Bima, Mustafa. Foto Berita11.com


Bima, Berita11.com— Perusahaan Listrik Negara (PLN) NTB Area Bima menegaskan tak ada aturan yang memungkinkan perusahan setempat memadamkan listrik hingga berbulan-bulan jika terjadi insiden seperti saat kasus di Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu beberapa waktu lalu.

Pelaksana Harian Manager PLN NTB Area Bima, Mustafa mengatakan, yang menjadi prinsip PLN justru mengutamakan pelayanan terhadap pelanggan. Sehingga tidak seperti isu yang beredar dalam masyarakat.

Saat kasus insiden yang dialami Kepala Ranting Pekat di Calabai pun, pemadaman hanya terjadi sehari. Karena pasca insiden waktu itu tidak ada petugas PLN yang berani berada tetap di ranting.

“Tentu ya kami ingin melayani masyarakat sebaik mungkkin. Kalau bisa tidak terjadi pemadaman sekalipun hanya  sedetik. Itu niat kami tapi namanya kondisi di lapangan kadang berbeda,” ujarnya kepada Berita11.com di kantor PLN NTB Area Bima, kemarin.

Diakuinya, PLN NTB Area Bima menyesali insiden yang terjadi di Ranting Pekat. Pada saat itu sebenarnya petugas PLN berupaya mengatasi pemadaman. Namun karena dalam kondisi genting dan terluka sehingga tidak dapat melanjutkan pekerjaan.

“Nah itu kami juga sangat sesalkan tapi kami juga instropeksi diri kami secara interen,” katanya.

Menurut dia, beberapa pemadaman bukan disebabkan faktor kelalaian petugas PLN, namun lebih banyak terjadi karena faktor alam yang tidak terduga  (force majeur). Misalnya saat pemadaman total pekan lalu terjadi karena adanya batang pohon yang ditebang warga di lingkungan Bedi Kelurahan Manggemaci yang jatuh menimpa jaringan listrik sehingga terjadi pemadaman otomatis (black out).

“Hal-hal seperti itu yang tidak dipahami masyarakat. Padahal persoalan itu juga terjadi dari warga itu sendiri memotong sendiri pohon dan menimpa jaringan kita,” ujarnya. (US)

No comments