Breaking News

Kimia Farma Bima Hentikan Order Tramadol

Obat Tramadol/ Ilustrasi. Ist


Kota Bima, Berita11.com— Fenomena sosial penyalahgunaan tramadol dalam masyarakat diantensi berbagai pihak. Salahsatunya pelaku usaha farmasi. Sejak lama apotik Kimia Farma di Kota Bima menghentikan order tramadol.

Apoteker Kimia Farma Bima, Harry Naldi, S.Si, mengatakan, sejak muncul kasus penyalahgunaan tramadol beberapa tahun lalu, apotik setempat menghentikan permintaan tramadol. “Kita bahkan nggak jual lagi itu. Kita sudah lama hentikan, kami melihat persoalan dalam masyarakat,” ujarnya kepada Berita11.com di apotik Kimia Farma Bima, Rabu (21/9/2016).

Menurut Harry, rata-rata obat yang didrop oleh Kimia Farma melalui distributor resmi. Sehingga seleksi terhadap obat yang didrop dilakukan sejak dari pabrik. Penjualan obat pun dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku.


Baca Juga:


Mengenai adanya isu obat palsu yang beredar pasca penggerebekan pabrik obat palsu di Jawa Barat, Harry memastikan seluruh obat yang dijual oleh Kimia Farma sudah melalui tahapan seleksi. Karena didistribusikan oleh distributor resmi.

“Kalau obat palsu itu tidak ada karena sebelum didrop sudah pastinya melalui seleksi di sana,” katanya.

Secara terpisah Sub Unit Pencatatan Pelaporan dan Evaluasi UPT. Instalasi Farmasi Kesehatan Dikes Kota Bima, Nurzaitun, S.Si, APt mengatakan hingga saat ini UPT setempat belum menerima laporan terkait peredaran obat palsu. Dipastikannya, pengawasan obat langsung dilakukan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), demikian juga obat yang berpotensi disalahgukan. (US)

No comments