Breaking News

KUA Imbau Masyarakat Mendaftar Haji pada Usia Produkif

Kepala KUA Soromandi, Ibrahim SH. Foto Hamid Berita11.com


Bima, Berita11.com— Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima, Ibrahim SH mengimbau masyarakat setempat agar mendaftarkan keberangkatan haji pada usia produktif. Karena diprediksi waktu antrean untuk menuju tanah suci tahun depan akan lebih panjang. 

“Kami sarankan untuk usia lanjut di atas 65 tahun, tidak memaksakan diri pergi haji. Kalau masih muda dan ada niat, segeralah mendaftar,” katanya kepada Berita11.com di kantor KUA setempat, Kamis (1/9/2016). 

Ibrahim menjelaskan jamaah haji yang telah berangkat tahun ini merupakan calon jamaah haji (CJH) yang sudah menunggu selama 7 sampai 8 tahun. Menurutnya waktu tunggu keberangkatan untuk tahun depan akan bertambah 5 hingga 8 tahun dibanding saat ini. 

Menurut dia hal tersebut disebabkan oleh kuota jamaah haji Indonesia sudah terintegrasi secara global. Sehingga jadwal menjadi lebih lama setiap pergantian tahun. 

“Yang pergi haji tidak hanya kita. Tapi Malaysia dan Singapura juga tak kalah banyak. Jadi tiap tahun antrenya bertambah lama,” jelasnya. 

Dikatakannya, bagi calon haji usia lanjut dianjurkan untuk didampingi pihak keluarga atau kerabat terdekat yang sama-sama menunaikan ibadah haji. Alternatif lainnya menggunakan jasa tenaga lain seperti bantuan petugas haji dan medis disana. “Yang lansia jika kurang sehat dapat menyewa orang disana. Itu biayanya Rp10 jutaan,” ujarnya. 

Ibrahim menambahkan total jamaah haji untuk wilayah Soromandi yang berangkat tahun ini sebanyak 15 orang. Satu diantaranya terpaksa dipulangkan karena faktor kesehatan yang tak mendukung. “Jamaah kita tahun 2016, 15 orang. Satu dipulangkan dari Mataram karena terlalu lemah di perjalanan, calon jamaah berasal dari Desa Kananta,” katanya. (ID) 

No comments