Breaking News

Litrasi masih Rendah, Dosen harus Mampu Menulis Buku Teks Menarik

Dr. Ibnu Khaldun, M.Si. Foto Berita11.com


Kota Bima, Berita11.com— Akademisi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima, Dr Ibnu Khaldun, M.Si  berharap dosen menulis buku pelajaran yang menarik minat siswa. Karena saat ini angka literasi di Bima masih rendah.

Terkait  kekuatiran peredaran buku pelajaran Budi Pekerti dan Agama yang menyisipkan sekte Wahabi. Ibnu berharap pihak terkait khususnya Kementerian Pendidikan bisa selektif dalam menentukan materi dari penulis.

Terlepas dari persoalan kasus buku yang berisi dari sekte tertentu. Ibnu melihat bahwa buku teks yang didrop ke sekolah-sekolah kurang menarik minat siswa. Karena seharusnya buku teks yang menarik harus memuat gambar dan kisah sukses (succes story) tokoh inspirasi di lingkungan sekitar seperti kisah sukses petani dan nelayan.

“Nah jadi saya menyampaikan dari aspek itunya. Sekarang kita mendorong dosen-dosen menulis buku-buke teks untuk anak SD SMP yang berwarna karena angka literasi kita masih rendah,” ujarnya di kampus STKIP Taman Siswa, Sabtu (24/9/2016). (US)

No comments