Breaking News

Masih Banyak Warga Kota Bima belum Tercover KIS dan KIP

Kartu Indonesia Sehat. Foto Kanalsatu.com


Kota Bima, Berita11.com— Hingga kini masih banyak warga Kota Bima yang belum tercakup sebagai pemegang sejumlah kartu sakti seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Kepala Seksi Sarana dan Bantuan Bidang Pendidikan Menengah Dinas Dikpora Kota Bima, Gufran mengatakan, jumlah penerima KIP tingkat SMA di Kota Bima sebanyak 855 siswa. Namun setelah diverifikasi dan ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) hanya 715 siswa. Padahal masih banyak siswa layak yang belum tercakup dalam data itu.

“Masih banyak siswa yang tercakup. Kita sudah berkoordinasi dengan pihak bank terkait pencairan. Antisipasi kita agar tidak menumpuk di satu tempat,” katanya kepada Berita11.com, kemarin.

Disebutkannya, berdasarkan data Dinas Dikpora Kota BIma, jumlah penerima KIP untuk tingkat SMP untuk tahap pertama sebanyak 815 siswa, sedangkan SK penetapan yang terbaru sebanyak 529 siswa.

Bagaimana dengan tingkat Sekolah Dasar? Staf Bidang Pendidikan Dasar Dinas Dikpora Kota Bima, Syarif Hidayat mengatakan jumlah pemegang KIP tingkat SD di Kota Bima sebanyak 8462 dari 80 sekolah dasar negeri dan swasta .

“Kartunya sudah dibagikan sejak Agustus lalu dan rampung 30 Agustus 2016.   Tetapi dananya belum bisa dicairkan karena masih menunggu  SK dari pusat,” katanya.
Menurutnya, hingga saaat ini masih banyak siswa yang belum tercakup sebagai pemegang KIP. Padahal sudah layak menerima kartu sakti itu. Seharusnya pendataan penerima KIP meruju Dapodik yang dikeluarkan oleh Dinas Dikpora.

Secara terpisah, Operator Pendamping Keluarga Harapan Kota Bima, Hidayat ST, mengatakan, saat ini tim pendata dari Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Bima masih menghimpun data terkait penerima KIP. Beberapa warga yang tercakup dalam data PKH juga akan dimasukan sebagai penerima KIP.

Jika merujuk data rumah tangga sasaran atau penerima PKH di Kota Bima sebanyak 2067 dan diusulkan penambahan 8.000 jiwa. Sementara berdasarkan data Posindo Bima, penerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Kota Bima sebanyak  8.579 orang. (US/ID)

No comments