Breaking News

Parkir Miring dan Elektronik akan Diterapkan Tahun 2017

Mulai Tahun 2017 Parkir Kendaraan di Kota Bima akan Ditata. Foto Ist


Kota Bima, Berita11.com— Pengelolaan parkir di Kota Bima yang dianggap semrawut menjadi salahsatu atensi pemerintah. Mulai tahun 2017 pemerintah akan menerapkan parkir miring dan elektronik.

Pelaksana Tugas Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Bima, Ir H Zulkifli, M.Ap mengatakan, penerapan parkir miring diharapkan dapat meminimalisasi kemacetan akibat parkir yang tidak teratur seperti jalan protokol di depan toko Sumber Mas. Pemerintah juga akan membuat markah, garis pembatas lokasi parkir setiap kendaraan.

“Sehingga kendaraan itu tinggal masuk dengan model sistem parkir miring tadi. Kita harapkan itu bisa diterapkan oleh juru parkir di Kota Bima,” katanya Berita11.com di Dishubkominfo, kemarin.

Dikatakannya, selain menerapkan parkir miring, pemerintah juga akan membina setiap koordinator parkir. Ada sejumlah lokasi jalan di Kota Bima tak semuanya merupakan wilayah pengelolaan parkir. Pemerintah akan mengkaji keberadaan sejumlah parkir liar. Secara umum, pengelolaan parkir di Kota Bima langsung dibawah kendali Dishubkominfo.

Zulkifli mengisyaratkan, khusus parkir elektronik akan mulai diterapkan di pasar raya Amahami. Hal itu sesui keinginan Wali Kota Bima, H Qurais H Abidin agar pengelolaan parkir lebih tertib. Perbaikan pengelolaan parkir juga dalam rangka mendorong realisasi pendapatan dari sumber parkir. Selama ini target Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari retribusi parkir sebesar Rp600 juta. Hanya saja realisasinya baru mencapai 50 persen.

“Hanya saja tinggal kita memikirkan nasib juru parkir di sana yang ada sekitar 30 orang. Kita alihkan pekerjaan ke lahan yang lain agar tidak ribut. Karena kasihan juga mereka kehilangan pekerjaan,” ujar Zulkifli.

Untuk mengoptimalkan pengawasan terhadap parkir dan lalulintas, pemerintah juga akan mengaktifkan forum koordinasi stake holder terkait perhubungan yakni antara Dishubkominfo dan Kepolisian Lalu Lintas.  (US)

No comments