Breaking News

Pemdes Nisa akan Fokus Membangunan Nilai Sosial dan Kemasyarakatan

Kepala Desa Nisa, Syafruddin Syamsul. Foto Berita11.com


Bima, Berita11.com— Pemerintah Desa (Pemdes) Nisa Kecamatan Woha Kabupaten Bima berencana membangun kesadaran sosial serta kemasyarakatan dalam program kerja tahun 2017. Sebab pasca Pilkades, ikatan sosial masyarakat desa setempat dinilai berkurang. 

“Fokus kami pada tahun 2017, Kami akan benahi sosialnya,” kata Kepala Desa Nisa, Syafrudin Syamsul kepada Berita11.com di kantor desa setempat, kemarin. 


menurut Syafrudin  perlu dilakukan pendekatan secara sosial untuk memulihkan serta mengembalikan hubungan masyarakat pasca pemilihan kepala desa. Menurutnya, dengan hilangnya arogansi personal dalam masyarakat dapat mendorong terciptanya tata kehidupan dan pemerintahan yang baik,sehingga tidak menghambat proses pembangunan desa. 

Karena memang setiap desa pasca Pilkades kemarin, situasi sosial masyarakat sedikit melemah. Jadi titik beratnya pendekatan-pendekatan supaya kondisinya lebih baik lagi,” ujarnya. 

Sementara itu pada APBDes 2016, Pemdes Nisa telah melaksanakan beberapa program untuk peningkatan infrastruktur. Diantaranya, rabat bahu jalan dua titik, rehab deker untuk tiga titik, peningkatan talud dan normalisasi saluran drainase. 

Program tersebut merupakan hasil pemetaan pembangunan yang dilakukan oleh penjabat kepala desa sebelumnya. Selain itu, meski tak dirinci, ada beberapa paket proyek yang belum dikerjakan karena terkendala aspek teknis dan administrasi. 

Kemudian masih ada yang belum dikerjakan. Karena masih ada tahapan-tahapan secara teknis ada beberapa paket terkait RAB. Insya Allah akan tetap dilaksanakan tahun ini,” jelasnya. 

Total APBDes Nisa tahun ini senilai Rp1,1 miliar. Realiasi penggunaan dana tersebut disosialisasikan melalui pengumuman secara lisan dan penyedian papan informasi. Syafrudin juga berharap ada keterlibatan aktif masyarakat dalam proses pembangunan desa. 

“Apapun bentuknya masyarakat desa wajib tahu. Melalui sosialisasi rutin. Kepala desa harus betul melaksanakannya dengan baik. Sebagai pengawas masyarakat juga perlu tahu berapa dan apa peruntukannya,” katanya. (ID) 

No comments