Breaking News

Pemkab Bima Buka Jalan untuk Alfa Mart Sebanyak 20 Titik

Mini Market AlfaMart. Ist


Bima, Berita11.com— Pemerintah Kabupaten Bima menjalin kemitraan dengan pengusaha mini market untuk memasarkan produk lokal masyarakat. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong pemasaran hasil produk Industri Kecil dan Menengah (IKM).

“Ada kehadiran Alfa Mart di Bima. Nanti kita pasarkan produk olahan kue dan jajanan IKM ke dalamnya. Hari ini kita sudah rapat di Setda bersama bupati dan pihak pengelola,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bima, Drs H. Ridwan Yasin  kepada Berita11.com, di dinas setempat, Selasa (6/9/2016). 

Dikatakannya, kehadiran mini market tersebut diharapkan tidak diartikan sebagai kempetitor pengusaha kecil. Namun dapat dimanfaatkan sebagai peluang untuk memasarkan produk IKM pada pasar modern. “Itu bisa jadi peluang bagus untuk IKM di Kabupaten Bima,” ujarnya. 

Terkait keberadaan mini market, sesuai arahan Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, Disperindag berencana akan melaksanakn sosialisasi pada masing-masing kecamatan. Tujuannya untuk mengenalkan mini market dan faedahnya bagi masyarakat, sehingga bisa diterima. Lokasi mini market disepakati berada di dekat pusat transaksi jual-beli masyarakat. 

“Lusa kita akan sosialiasi di setiap kecamatan sesuai perintah bupati. Lokasinya 20 titik diawali di Kecamatan Bolo, Woha dan Kecamatan Sape dan tersebar. Jadi bupati minta segera lakukan sosialisasi ke masyarakat. Supaya masyarakat bisa welcome,” jelasnya. 

Kemitraan tersebut sesuai Kepres Nomor 112 Tahun 2007 yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 78 tahun 2013 Tentang Penataan, Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern.

Hal tersebut juga untuk mendukung salahsatu program berkelanjutan Disperindag yang mendukung tumbuhnya kewirausahaan skala perumahan. “Nah kita juga welcome, karena sinkron dengan program yang ada di dinas,” katanya. (ID) 

No comments