Breaking News

PPID Gelar Lomba Pelayanan Informasi

Lomba PPID Antar-SKPD yang Digelar di Aula BPMDes. Foto Hamid Berita11.com


Bima, Berita11.com— Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabuapten Bima terus membenahi sistem pelayanan informasi pada SKPD. Salah satunya dengan menggelar lomba pelayanan informasi bagi PPID antar SKPD di aula Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMDes) Kabupaten Bima, Rabu (28/9/2016) pagi.

Kepala Sekretariat PPID Kabupaten Bima, Muhammad Irfan ST. M.Eng mengatakan kegiatan bertujuan merangsang PPID SKPD memaksimalkan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan diharapkan menjadi tolok ukur PPID Kabupaten Bima dalam menilai penyajian informasi setiap SKPD.

“Sasarannya dari kegiatan adalah terlaksanannya penyajian informasi publik secara maksimal pada SKPD. Agar lebih serius memberikan pelayanan informasi,” katanya kepada Berita11.com usai kegiatan.

Menurut dia, hasil lomba dapat menjadi barometer bagi PPID Kabupaten Bima dalam menilai kinerja SKPD.  Sejauh mana mereka mampu melayani kebutuhan informasi masyarakat.

Selain itu, tujuan lain dari kegiatan tersebut yaitu memotivasi SKPD dengan memberikan perengkingan dan penghargaan. Efek positifnya, memacu SKPD berkompetisi menyajikan informasi program pada bidang masing-masing.

"Nanti SKPD yang nilainya rendah akan jadi ajang motivasi. Mereka terdorong untuk melakukan perbaikan. Kedepan akan ada penghargaan berupa piala yang diberikan oleh Bupati,” katanya.

Upaya lainnya, PPID Kabupaten Bima telah menyebarluaskan regulasi terkait KIP di setiap SKPD. “Dari desa hingga dinas sudah kita lakukan sosialisasi. Terutama Perbub Nomor 22 tahun 2013,” imbuhnya.

Sementara itu, evalutor kegiatan, Umar SH mengatakan secara utuh proyeksi kinerja PPID Kabupaten Bima menunjukan eksisitensi yang baik.

Menurutnya tak hanya SKPD, satuan pendidikan dan pemerintah desa dapat mengadopsi pelayanan informasi seperti SKPD.

“Ini satu langkah maju bagi SKPD. Karena inisiasi ini tidak diterapkan di daerah lain. Tidak hanya pada SKPD, pada satuan pendidikan dan pemerintah desa juga harus diterapkan,” katanya. (ID)


No comments