Breaking News

Produksi Ikan Naik 1100 Ton, DKP Bertekad Mempertahankan Mutu

Sekretaris DKP Kota Bima, Ir H Juwaid, M.Ap. Foto Berita11.com


Kota Bima, Berita11.com— Produksi ikan di Kota Bima meningkat signifikan sejak tahun 2015. Saat tahun 2010-2011 jumlah produksi ikan hanya 1.900 ton dan sejak tahun 2015 menjadi 3.000. Menyusul peningkatan tersebut Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bima bertekad mempertahankan kualitas produksi.

Sekretaris DKP Kota Bima, Ir. H Juwaid, M.Ap, menjelaskan, peningkatan produksi ikan di Kota Bima tidak terlepas dari intesitas pembinaan yang dilaksanakan petugas dinas setempat. Selain itu, juga didukung berbagai bantuan fasilitas yang diberikan Kementerin Kelautan dan Perikanan (KKP) kepada nelayan.

Intensitas pembinaan kerjasama dengan nelayaan, juga bantuan-bantuan yang kita arahkan seperti bantuan kapal mode seperti fiber glass, sehingga meningkatkan produk hasil tangkapan,” ujar H Juwaid kepada Berita11.com di DKP Kota Bima, Senin (5/9/2016).

Dikatakannya, peningkatan jumlah produksi ikan juga terjadi karena meningkatknya kesadaran nelayan terhadap cara pengelolaan perikanan secara berkelanjutan. Aktivitas penangkapan ikan dapat dikendalikan dan mengutamakan kelestarian sumber daya alam.

“Istilahnya ada penangkapan dan juga ada pengendalian. Alhamdulillah kesadaran nelayan meningkat sehingga berimbas juga terhadap jumlah produksi tangkap,” katanya.

Juwaid menambahkan, pada prinsipnya DKP Kota Bima bersinergi dengan pemerintah pusat khususnya KKP mendukung nawacita Presiden Jokowi. Saat ini dinas setempat  terus mendorong daya saing produk kelautan dan perikanan.

Tentunya kita utamakan mutu bahan baku, mutu produk olahan. Kemudian kita bisa bicarakan ekspor, kita tidak ingin hasil ekspol luar negeri ini ditolak oleh konsumen. Kita memperhatikan mutu produk, kemudian peningkatan produksi hasil tangkapan dan budidaya,” pungkasnya. (US)

No comments