Breaking News

Puluhan Warga Darussalam Ikuti Penyembuhan Trauma

Kegiatan Bimbingan Mental dan Psikologi Korban Banjir di Darussalam. Foto Hamid


Bima, Berita11.com— Puluhan warga Desa Darussalam Kecamatan Bolo Kabupaten Bima mengikuti bimbingan mental dan psikologi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima, yang dilaksanakan di aula kantor desa setempat, Senin (05/9/2016). Bimbingan tersebut untuk menghilangkan trauma warga karena Darussalam kerap dilanda bencana banjir.

Kepala Seksi (Kasi) Rekonstruksi BPBD Kabupaten Bima Sirajuddin mengatakan, masyarakat yang menjadi sasaran bencana perlu dimotivasi ulang. Itu dilakukan dengan menghidupkan semangat dan kepercayaan melanjutkan hidup pasca dilanda bencana. 

Ia juga mengharapkan kesiapan organisasi siaga bencana yang ada di desa agar bisa mendeksi bencana secara dini  sehingga korban jiwa dan material bisa diminimalisasi. “Kami harap masyarakat tidak larut dalam kedihan. Mari kita bangkit. Oraganisasi di desa harus sigap bencana agar kejadian sebelumnya tidak terulang,” katanya. 

Sementara itu, Bendahara Desa Darussalam Kecamatan Bolo, Imran mengatakan hampir setiap tahun desa setempat menjadi sasaran luapan banjir yang mengakibatkan kerugian. Kegiatan BPBD diharapkan menjadi titik balik masyarakat agar lebih siap menghadapi bencana. 

“Banjir tahun kemarin yang terparah. Jadi kami berharap, adanya kegiatan ini bisa mengembalikan kondisi mental masyarakat akibat trauma bencana,” imbuhnya. (ID) 

No comments