Breaking News

Sambut Program Komsus, Kodim 1608 Bima Gelar Lomba Budaya Bima

Pasi Ter Kodim 1608 Bima, Kapten Inf. Sukahar. Foto Sukri Berita11.com.



Bima, Berita11— Menyambut dan memeriahkan program komunikasi sosial (Komsus) 2016 yang akan digelar dalam waktu tak lama lagi, Komando Distrik Militer (Kodim) 1608 Bima akan menggelar berbagai lomba budaya Bima.

Perwira Seksi (Pasi) Teritorial Kodim 1608 Bima, Kapten Inf. Sukahar mengatakan, lomba budaya Bima bertujuan menanamkan kembali nilai-nilai budaya lokal Bima kepada peserta sehingga bisa menjadi penangkal masuknya budaya asing terutama pada kalangan remaja. Harapan utamanya budaya Bima tetap terjaga sepanjang masa.

“Kami pilih tahun ini adalah dengan tema budaya Bima, sehingga pegelaran lomba budaya ini bisa menanam dan menumbuhkembangkan serta kecintaan kaum remaja akan budaya Bima yang saat ini mulai pudar termakan jaman,” ujar Sukahar kepada Berita11.com di Dispertapa dan Hortikultura, kemarin.

Dia menjelaskan, lomba budaya Bima akan diikuti jajaran Koramil di wilayah Kabupaten dan kota Bima yaitu sebanyak 7 Koramil. Setiap Koramil akan mengutus duta kelompok tari dan vocal group yang diwakili pelajar SMA dan sederajat.

“Sementara untuk Kota Bima karena ada satu Koramil kami berikan kompesasi untuk mengutus empat  group dari empat  sekolah tingkat SMA yang ada di Kota Bima,” katanya.
Sukahar menjelaskan, sesuai jadwal lomba budaya Bima akan dilaksanakan 7-8 September 2016. Pada hari pertama akan dilaksanakan lomba tari kemudian dilanjutkan vocal group.

“Jadi masing-masing mata lomba akan dilaksanakan satu hari berserta pengumuman juara akan langsung disampaikan hari itu juga,” katanya.

Diharapkan lomba yang digelar Kodim 1608 Bima memompa motivasi kalangan remaja terutama pelajar mencintai budaya lokal atau budaya bangsa, bukan budaya asing. “Kami berharap dapat meberikan manfaat bagi generasi bangsa tersebut guna mempertahankan budaya Bima yang kita banggakan selama ini,” harapnya. (SK)

No comments