Breaking News

Sudah 4000 Sapi Bima Dikirim ke Jakarta

Ternak Sapi jadi Primadona saat Hari Raya Kurban. Foto Ist


Bima, Berita11.com— Menjelang Idul Adha atau hari raya kurban, pengiriman hewan potong jenis sapi asal Bima keluar daerah meningkat. Bahkan pengiriman ke wilayah Jakarta sudah mencapai 4.000.

Hal itu diakui pengusaha penyedia sapi qurban di Tengerang Provinsi Banten, Suherman. “Sampai saat ini sudah ada 4000 sapi yang dibawa teman-teman dari Bima di Tengaerang. Tapi yang beli masih sedikit,” katanya melalui Ponsel kepada Berita11.com, Senin (5/9/2016).

Diakui pengusaha asal Madapangga Kabupaten Bima ini, sapi-sapi yang dibawa dari Bima umumnya akan didistribusikan untuk kebutuhan kurban saat Idul Adha di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Namun hingga lima hari menjelang lebaran kurban baru 20 ekor sapi yang laku.

“Kalau beberapa hari ke depan ini juga tidak laku maka kemungkinan susah laku. Biasanya kalau tahun lalu dua atau satu minggu sebelum lebaran sudah banyak yang beli,” katanya.
Suherman mengisyaratkan, jika sapi yang dibawa dari Bima tak kunjung laku, maka terpaksa membayar ribuan ekor sapi tersebut. Sebelumnya 4.000 sapi dibawa dari Bima melalui transportasi laut via Surabaya kemudian dilanjutkan melalui transportasi darat hingga Tangerang.

Dia pun tidak dapat mengetahui penyebab daya beli masyarakat wilayah Jabodetabek menurun. Sebelumnya, Gubernur Jakarta Ahok sempat mengeluarkan kebijakan pembatasan penyembelian hewan kurban terutama di lokasi sekolah karena dikuatirkan akan berdampak terhadap kesehatan siswa. Jika terjadi pemotongan hewan kurban, Ahok meminta agar jangan sampai darah hewan kurban tumpah di tanah.

“Sapi-sapi ini sebenarnya belum dibayar dan nunggu laku dulu baru dibayar. Ke sini dibawa oleh sekitar 10 orang,” katanya (US/SK)

No comments